Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Menjelaskan Dampak Pengambilan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan Kelas IV Semester II SDN Tertek III Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

RULITA WIDYASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0174

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan masih dibawah KKM karena dalam pembelajaran siswa pasif, proses pembelajaran cenderung monoton sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai kurang maksimal.

Permasalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray pada siswa kelas IV SDN Tertek 3 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan  dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray (TS-TS) pada siswa kelas IV SDN Tertek 3 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menjelaskan dampak pemgambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan  pada siswa kelas IV SDN Tertek 3 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018?.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan siswa menjelaskan dampak pengambilan bahan alam tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray mendapat nilai rata-rata 73,68. Jadi kemampuan siswa kelas IV SDN Tertek 3 dalam menjelaskan dampak pengambilan bahan alam tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray masih dibawah KKM. (2) Kemampuan siswa menjelaskan dampak pengambilan bahan alam dengan  menggunakan model pembelajaran two stay two stray mendapat nilai rata-rata 85,68. Jadi kemampuan siswa kelas IV SDN Tertek 3 dalam menjelaskan dampak pengambilan bahan alam dengan  menggunakan model pembelajaran two stay two stray mengalami peningkatan diatas KKM. (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam pada siswa kelas IV SDN Tertek III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018 hal ini dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran two stay two stray dibanding pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran two stay two stray adalah 85,68>73,68


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif:Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik,  oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Miftahul huda. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slametto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Panamedia Group.

Weil and Joice. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 Laila,Alfi, Riske Nuralita Lingga Dewi .2015. Pengaruh Metode Make A Match Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia Seperti Kebhinekaan Siswa Kelas III SDN Purwodadi Kec. Kras Kab. Kediri Tahun Ajaran 2015 (online).Vol 2.No. 2. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213/138. diakses 18 Juli 2015


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI