Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) didukung Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Kemampuan Mengidentifikasi Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan Siswa kelas V SDN Tawing 1 Munjungan, Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

YULIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0173

Abstract

YULIANA : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) didukung media audio visual tehadap motivasi dan kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan pada siswa kelas V SDN Tawing 1 Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2018
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa masalah yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran yang diterapkan para guru. Di dalam proses pembelajaran kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pelaksaan proses pembelajaran hanya diarahkan pada kemampuan menghafal informasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian Quasi Experimental Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tawing 1 Kabupaten Trenggalek. teknik pengumpulan data berupa, angket, tes, observasi. Analisis data menggunakan rumus Uji-t. Simpulan hasil penelitian adalah (1) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) didukung media audio visual berpengaruh sangat signifikan terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SDN Tawing 1 dengan, hasil rata-rata pretest 71,6154 dan posttest 85,038 (2) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dandampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan siswa kelas V SDN Tawing 1, dengan, nilai rata-rata pretest 60,2692 dan posttest 86,1538 (3) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpengaruh sangat signifikan terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SDN Tawing 1 dengan nilai rata-rata pretest 70,000 dan postest 80,7500 (4) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpengaruh sangat signifikan terhadapat kemampuan mendeskripsikan penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan siswa kelas V SDN Tawing 1, dengan nilai rata-rata pretest 58,2500 dan posttest 78,0417.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalaha (PBM), media audio visual, motivasi, kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.


Keyword

a

Reference

Depdiknas. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun
2003, Tentang System Pendidikan Nasional.
Rusman. 2012. Model-Model
Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI