ABSTRAK
Pita Aulia Anisa: Pengaruh Media Mobil Garis Bilangan Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Berdasarkan penelitian terdahulu bahwa, matematika dianggap paling sulit dan membosankan karena hanya menghitung angka-angka. Metode pembelajaran yang konvensional, materi yang disampaikan guru masih bersifat abstrak, guru jarang menggunakan media sehingga proses belajar terlihat sulit, membosankan, dan kurang menarik perhatian siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidak perbedaan kemampuan menjumlahkan bilangan bulat menggunakan media mobil garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) ada atau tidak perbedaan kemampuan menjumlahkan bilangan bulat tanpa menggunakan media mobil garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) ada atau tidak pengaruh penggunaan media mobil garis bilangan terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal pilihan ganda, data yang diperoleh dianalisis dengan uji t.
Hasil dari penelitian ini (1) ada perbedaan kemampuan menjumlahkan bilangan bulat menggunakan media mobil garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring nilai rata-rata 87,81. (2) ada perbedaan kemampuan menjumlahkan bilangan bulat tanpa menggunakan media mobil garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring nilai rata-rata 73,81. (3) ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan media mobil garis bilangan terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring dilihat dari t-hitung sebesar 5,763 > t-tabel sebesar 2,021.
Kata Kunci: Media, mobil, garis bilangan, menjumlahkan, bilangan bulat
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Herman, T dan Karlimah. 2007. Pendidikan Matematika 1. Bandung: UPI PRESS.
Sadiman, A dan Raharjo, R. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Annisah, S. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, (online), 11(1): 1-15, tersedia: http://www.google.com/e-journal.metrouniv.ac.id, diunduh 02 November 2017.
Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkaran Widyaiswara, (online), 1 (4): 104-117, tersedia: http://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf, diunduh 02 November 2017.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, (online), 37 (1): 27-33, tersedia: http://www.google.com/urlejournal.uin-suska.ac.id, diunduh 02 November 2017.
Umar. 2016. Media Pendidikan Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tabawiyah,(online), 10 (2): 126-141, tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=252206&val=6793&title=MEDIA%20PENDIDIKAN:%20Pe, diunduh 02 November 2017.