Pengaruh Model Two-Stay Two-Stray Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

DESTI OKTANTIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0167

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan langsung di SDN Ngetrep 3 yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III dalam materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup masih kurang memuaskan. Proses pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, dimana siwa hanya memdengarkan dan mencatat apa yang diajarkan oleh guru, sehingga pembelajaran berlangsung  secara monoton dan membuat siswa bosan dan kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Akibatnya hasil ulangan siswa banyak yang mendapat nilai di bawah KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran  two-stay two-stray didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu RPP dan teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data menggunakan  uji-t dengan paired sample t-test dan independent sample t-test.

Hasil penelitian ini adalah 1. model pembelajaran two-stay two-stray didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri, dengan hasil analisis paired sample t-test didapat signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh signifikan; 2. media visual tanpa model pembelajaran two-stay two-stray berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri, dengan hasil analisis paired sample t-test didapat signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh signifikan; dan 3. terdapat perbedaan kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran two-stay two-stray didukung media visual dan media visual tanpa model pembelajaran two-stay two-stray pada siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri, dengan hasil analisis uji-t independen sample t-test didapat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan.

Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa penggunaan model pembelajaran two-stay two-stray didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri.

 

KATA KUNCI  : model pembelajaran two-stay two-stray, media visual, mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Permana, E. P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEJARAN BONEKA KAUS KAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar. http://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648

 

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI