Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) didukung alat peraga tulang napier terhadap kemampuan melakukan operasi perkalian pada siswa kelas IV SDN karangtalun 1. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi pada proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran matematika. Guru tidak memahami model dan alat peraga yang tepat untuk menyampaikan materi. Akibatnya rendahnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar matematika yang rendah yaitu masih dibawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis nonequivalent control group design. Variabel bebas berupa model pembelajaran STAD didukung alat peraga tulang napier sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan melakukan operasi perkalian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 1 Karangtalun kelas IV tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), alat peraga tulang napier, kemampuan, operasi perkalian.
Daftar Pustaka
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.
Musfiqoh. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Russefendi. 2005. Dasar-Dasar Matematika Dan Komputer. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.