Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Materi Mengomentari Tokoh-Tokoh Cerita Anak Secara Lisan Untuk Siswa Kelas III SDN 1 Ketanon Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

DITHA EKA PUTERY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0165

Abstract

ABSTRAK

Ditha Eka Putery: Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Materi Mengomentari Tokoh-Tokoh Cerita Anak secara Lisan untuk Siswa Kelas III SDN 1 Ketanon Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas yang dilakukan di kelas III SDN 1 Ketanon. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui bahwa pemahaman siswa pada materi mengomentari tokoh-tokoh cerita anak secara lisan masih di rasa kurang. Hal tersebut disebabkan oleh guru tidak menggunakan  media pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan media boneka tangan dengan rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana tahapan pengembangan media boneka tangan untuk materi mengomentari tokoh-tokoh cerita anak secara lisan siswa kelas III di SDN 1 Ketanon Tulungagung (2) Bagaimana produk pengembangan media boneka tangan sudah memenuhi kriteria kevalidan, keefisiensian dan keefektifan media dalam materi mengomentari tokoh-tokoh anak secara lisan siswa kelas III di SDN 1 Ketanon Tulungagung.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Prosedur pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation  dan Evaluation. Lokasi penelitian uji terbatas dilakukan di SDN 1 Wajakkidul dan uji luas dilakukan di SDN 1 Ketanon. Subjek Penelitian adalah 5 siswa kelas III SDN 1 Wajakkidul yang di pilih secara acak, untuk uji coba luas subjeknya adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Ketanon yang berjumlah 30 siswa. Validasi Model/Produk, validasi dilakukan dengan melibatkan validasi ahli media dan ahli materi. Uji coba model/produk dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap uji coba terbatas dan uji coba luas. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui validitas media yg dikembangkan,respon guru dan respon siswa untuk mengetahui efisiensi terhadap media, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui efektifitas media.

Hasil penelitian pengembangan media boneka tangan adalah sebagai berikut. (1) tahapan pengembangan media (a) Analysis, yaitu tahap awal penelitian di mulai dengan melakukan observasi dan melakukan wawancara dengan guru (b) Design, yaitu kegiatan awal untuk merencanakan dan merancang suatu produk sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan (c) Development, yaitu tahapan perwujudan dari tahapan desain. Dalam tahap ini media di buat sesuai dengan rancangan yang sudah di susun sebelumnya (d) Implementation, yaitu tahap awal akan dilakukan ujicoba terbatas oleh 5 siswa kelas III di SDN I Wajakkidul yang dipilih secara acak, dan selanjutnya akan dilaksanakan ujicoba luas pada 30 siswa kelas III SDN 1 Ketanon (e) Evaluation yaitu tahap ini dilakukan dengan membawa media yang dikembangkan kepada validator ahli media dan ahli materi. (2) Media boneka tangan dikatakan valid karena dari hasil validasi media memperoleh 77% dan validasi materi 87%. Media boneka tangan dikatakan efisien karena di lihat dari respon guru memperoleh 90% dan respon siswa 93%. Media boneka tangan dikatakan efektif karena hasil post test memperoleh nilai rata rata sebesar 85,3% dan ketuntasan belajar klasikal siswa juga mencapai 100%.

Kata kunci: Media Boneka Tangan. Mengomentari Tokoh-Tokoh Cerita Anak Secara Lisan.


Keyword

Media boneka tangan, Materi mengomentari tokoh-tokoh cerita anak secara lisan

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung:  Satu Nusa

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Dian Rakyat

 

Sugiyono.2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

 

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Zunaidah, F. N. & Amin, M. 2016.  Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, di unduh 6 Desember 2017.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade