STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL TIME TOKEN DAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR PANCA INDERA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERCANGKRING KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DESY SULISTYA WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0164

Abstract

ABSTRAK

 

      Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD tidak berjalan sebagaimana mestinya karena pembelajaran searah yang berpusat pada guru. Guru tidak menggunakan model-model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa merasa jenuh dan kurang antusias dalam menerima pelajaran, hal tersebut mengakibatkan kemampuan mendeskripsikan hubungan antara strukturr panca indera dengan fungsinya rata-rata masih di bawah KKM yaitu 75. Sehubungan dengan latar belakang tersebut, peneliti menentukan 3 tujuan penelitian yang hendak dicapai sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya dengan menggunakan model Time Token pada siswa kelas IV (A) SDN Sumbercangkring tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui  pengaruh kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya dengan menggunakan model Take and Give pada siswa kelas IV (B) SDN Sumbercangkring tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui perbedaaan kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya dengan menggunakan model Time Token dan Take and Give pada siswa kelas IV (A) dan (B) SDN Sumbercangkring tahun ajaran 2017/2018.

     

      Pada penelitian ini digunakan teknik komparatif untuk membandingkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Instrumen yang digunakan berupa tes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan model Time Token terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya pada siswa kelas IV (A) SDN Sumbercangkring Tahun ajaran 2017/2018. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan model Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Sumbercangkring tahun ajaran 2017/2018.

     

 

 

Kata Kunci  : Time Token, Take and Give, Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan antara Struktur Panca Indera Dengan Fungsinya

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Gunawan. 2008. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Sarana Panca Karya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI