PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MATERI MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN ASMOROBANGUN 4 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ENY AYU PUREANDINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0160

Abstract

Eny Ayu Purwandini: Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Materi Menyimpulkan Isi Cerita Anak pada Siswa Kelas V SDN Asmorobangun 4 Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa dalam pembelajaran guru kurang kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Guru masih mengacu pada buku paket dan lembar kerja siswa dalam mencapai kompetensi siswa. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana kevalidan media komik untuk materi menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Asmorobangun 4 Kabupaten Kediri (2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan isi cerita anak yang disampaikan dengan menggunakan media komik pada siswa kelas V SDN Asmorobangun 4 Kabupaten Kediri (3) Bagaimana keefektifan media komik untuk materi menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Asmorobangun 4 Kabupaten Kediri.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model (R&D) yang bertujuan menghasilkan suatu produk. Produk yang dikembangkan adalah komik cerita anak untuk mata pelajaran bahasa indonesia materi menyimpulkan isi cerita anak. Media komik termasuk dalam media visual dengan memunculkan gambar-gambar berkarakter dan berekpresi.Hasil dari penelitian dengan menggunakan media komik yaitu (1) Media komik valid untuk materi menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V, dibuktikan dari angket kevalidan media dan materi dengan persentase 92,5% (Media Komik) dan 94% (Materi) dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan (2) Siswa mampu menyimpulkan isi cerita anak dibuktikan dengan 10 siswa uji terbatas dan 20 siswa uji luas mengalami peningkatan (3) Media komik efektif untuk materi menyimpulkan isi cerita anak dibuktikan bahwa hasil belajar siswa yang menggalami peningkatan, selain itu dapat dibuktikan dengan hasil respon guru dan respon siswa sebesar 90% dan 93,5%.

 

KATA KUNCI  : Media Pembelajaran, Komik, Menyimpulkan Isi Cerita


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa'dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Jogjakarta: Gava Media.

Harmalik, Oerma. 2010. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rakmat, Meiliana. 2010. Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Menggunakan Metode Kalimat Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Perserta Didik Kelas V Muhammadiyah Danaraja Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang. (Skripsi, di unduh pada 01 Juli 2018)


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI