ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang menunjukkan pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar masih banyak mengalami kendala, salah satunya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Ketidak efektifan tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dengan menggunakan media visual pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. (2) Mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. (3) Mengetahui ada pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal unjuk kerja, data yang di proses dianalisis dengan uji-t.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dengan menggunakan media visual pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri sudah mencapai KKM (75). (2) Kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri belum mencapai KKM (75). (3) Ada pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik pada siswa kelas III SDN Betet 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian t-hitung = 2,892 > t-tabel = 1,685.
Kata kunci: Media Visual, Kemampuan Menulis Puisi.
Undang –undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah Dasar. Jakarta:BSNP.
Tarigan, H G. 2011. Prinsip-Prinsip dasar sastra. Bandung : Percetakan Angkasa.