PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART PHOTOGRAPHY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS III SDN MOJOROTO 6 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018.


Author (Penulis)

RIMA AKNES MONIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0153

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan, diketahui bahwa keterampilan menulis karangan peserta didik di SDN Mojoroto 6 Kota Kediri masih rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media flip chart photography, (2) mendeskripsikan kelayakan media flip chart photography dilihat dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan (3) mengetahui media flip chart photography dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Pengembangan media flip chart photography menggunakan model ADDI yaitu (a) Analysis, tahap melakukan observasi dan wawancara, (b) Design, tahap penyusunan perangkat pembelajaran, (c) Development, tahap memvalidasi media dan menguji keefektifan media pada uji coba terbatas, (d) Implementation, tahap uji coba luas yang dilakukan di SDN Mojoroto 6 Kota Kediri sebagai kelompok eksperimen dan di SDN Mojoroto 1 Kota Kediri sebagai kelompok kontrol. Hasil validasi media flip chart photography oleh ahli materi dan ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dan 83,33%, sehingga dinyatakan valid. Hasil uji keefektifan media diperoleh rerata nilai posttest lebih tinggi dari rerata nilai pretest, sehingga dinyatakan efektif. Hasil uji kepraktisan dari angket respon pendidik dan peserta didik pada uji coba luas diperoleh data sebanyak 83,33%, dan 88,85%, sehingga dinyatakan praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media flip chart photography memiliki kualitas dan layak digunakan. Sedangkan pada uji coba luas, nilai rata-rata posttest keterampilan menulis karangan pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dengan hasil yang diperoleh berbeda secara signifikan, sehingga dapat dinyatakan bahwa media flip chart photography dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan.      

 

KATA KUNCI  : media flip chart photography, menulis karangan


Keyword

a

Reference

Hidajati, R.L. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Putat Gede II/95 Surabaya. (Online). tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, diunduh 10 Agustus 2017.

Prasetyanti, D.C. & Hotimah, C. 2014. Developing Students‟ Writing Skill on Recount Text by Using Photograph And Group Grid Technique. Jurnal Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan dan Budaya, 2 (4): 111-124.

Primasatya, N. & Ahdhianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berpikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari, 2 (2): 225-231.

Styati, E.W. 2017. Digital Photographs as Authentic Materials in Teaching Writing. Artikel disajikan pada The 4th International Konferensi Bahasa, Masyarakat dan Budaya di Asia Konteks, 22 April 2017. KNE Social Sciences, 1 (3): 70-78.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI