Rizky Eka Novia Sakti: Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Untuk Materi
Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Pagu III Tahun Ajaran 20217/2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas
yang dilakukan di kelas V SDN Pagu III. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui
bahwa pemahaman siswa pada materi struktur bumi masih dirasa kurang. Hal tersebut
disebabkan oleh guru tidak menggunakan media pembelajaran selama kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan media Pop-Up dengan
rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana validitas media Pop-Up materi
mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Pagu III (2) Bagaimana keefektifan media
Pop-Up materi mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Pagu III.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah
model ADDIE. Model ini adalah model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah atau
tahapan-tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1)
Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Kegiatan pada
tahap analisis adalah melakukan analisis kinerja, kebutuhan, dan kajian pustaka. Tahap design
dilakukan untuk memprogamkan pembelajran yang akan dilakuka pada uji coba. Tahap
pengembangan media dilakukan mulai dari menyusun design awal hingga design akhir.
Sebelum diujicobakan, media hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media. selain itu,
instrumen lain yang harus di validasi sebelum uji coba adalah materi dalam media, angket
respon guru, dan soal test. Validasi instrumen dilakukan oleh ahli materi. Selanjutnya, data
yang diperoleh dari lembar validasi dianalisis untuk mengetahui hasil validasi.
Hasil penelitian pengembangan media Pop-Up adalah sebagai berikut. (1) Media Pop-Up memperoleh hasil 86% dari segi validitas media dan memperoleh hasil 93% dari segi
materi yang berarti media Pop-Up termasuk dalam kategori “sangat Baik”. (2) Media Pop-Up
dinyatakan sangat efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil 95%, dan
dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba luas dengan hasil 90%. Selain itu nilai post tes
siswa dengan menggunakan media Pop-Up mendapatkan nilai rata-rata 87,7. Meningkat jika
dibandingkan nilai ulangan harian siswa (nilai leger guru) yang memperoleh niai rata-rata
80,6. Selain itu siswa yang tuntas secara klaksikal mencapai 100%.
Kata kunci: Media Pembelajran, Pop-Up, Mendeskripsikan Struktur Bumi.
Agustiana & Tika. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.
Akbar, sa’adun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakaya.
Anitah W, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: rineka cipta
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada.
Danang. 2017. Bumi Dan Tata Surya. Solo:Azka Pressindo.
Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama.
Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Surabaya:Unesa University Press.
Lismayanti, Meri. 2016. Pengembangan buku Pop-Up sebagai media pembelajaran pada materi
crastasea SMA kelas X (http://onlain-journal.unj.ac.id. Diakses pada 10 juni 2017
Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Pres Group.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Soewandi, Hariwijaya, dkk. 1999. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Nana. 2007. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zunaidah, F. N. & Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi
Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1).
(Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 6
Desember 2017.