PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN Pop-Up UNTUK MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN PAGU III TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RIZKY EKA NOVIA SAKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0152

Abstract

Rizky Eka Novia Sakti:  Pengembangan Media Pembelajaran  Pop-Up  Untuk Materi

Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Pagu III Tahun Ajaran 20217/2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas

yang dilakukan di kelas V SDN Pagu III. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui

bahwa pemahaman siswa pada materi struktur bumi masih dirasa kurang. Hal tersebut

disebabkan oleh guru tidak menggunakan media pembelajaran selama kegiatan belajar

mengajar berlangsung. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan media  Pop-Up  dengan

rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana validitas media  Pop-Up  materi

mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Pagu III (2) Bagaimana keefektifan media

Pop-Up materi mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Pagu III.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah

model ADDIE. Model ini adalah model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah atau

tahapan-tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1)

Analysis, (2)  Design, (3)  Development, (4)  Implementation, (5)  Evaluation.  Kegiatan pada

tahap analisis adalah melakukan analisis kinerja, kebutuhan, dan kajian pustaka. Tahap design

dilakukan untuk memprogamkan pembelajran yang akan dilakuka pada uji coba. Tahap

pengembangan media dilakukan mulai dari menyusun  design  awal hingga  design  akhir.

Sebelum diujicobakan, media  hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media. selain itu,

instrumen lain yang harus di validasi sebelum uji coba adalah materi dalam media, angket

respon guru, dan soal test. Validasi instrumen dilakukan oleh ahli materi. Selanjutnya, data

yang diperoleh dari lembar validasi dianalisis untuk mengetahui hasil validasi.

Hasil penelitian pengembangan media Pop-Up adalah sebagai berikut. (1) Media Pop-Up  memperoleh hasil 86% dari segi validitas media dan memperoleh hasil 93% dari segi

materi  yang berarti media Pop-Up termasuk dalam kategori “sangat Baik”. (2) Media  Pop-Up

dinyatakan sangat efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil 95%, dan

dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba luas dengan hasil 90%. Selain itu nilai post tes

siswa dengan menggunakan media  Pop-Up  mendapatkan nilai rata-rata 87,7. Meningkat jika

dibandingkan nilai ulangan harian siswa (nilai leger guru) yang memperoleh niai rata-rata

80,6. Selain itu siswa yang tuntas secara klaksikal mencapai 100%.

Kata kunci: Media Pembelajran, Pop-Up, Mendeskripsikan Struktur Bumi.


Keyword

a

Reference

Agustiana & Tika. 2013.  Konsep Dasar IPA  Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.

 

Akbar, sa’adun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakaya.

 

Anitah W, Sri, dkk. 2009.  Strategi Pembelajaran di  SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010.  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: rineka cipta

 

Arsyad,  Azhar. 2013.  Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

 

Danang. 2017. Bumi Dan Tata Surya. Solo:Azka Pressindo.

 

Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010.  Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

 

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007.  Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama.

 

Julianto. 2011.  Model Pembelajaran IPA. Surabaya:Unesa University Press.

 

Lismayanti, Meri. 2016. Pengembangan buku Pop-Up sebagai media pembelajaran pada materi

crastasea SMA kelas X (http://onlain-journal.unj.ac.id. Diakses pada 10 juni 2017

 

Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Pres Group.

 

Pribadi, Benny A. 2009.  Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Riduwan. 2010.  Variabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

 

Soewandi, Hariwijaya, dkk. 1999.  Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

 

Sudjana, Nana. 2007.  Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 

Sugiyono. 2010.  Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

 

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

 

Susanto, Ahmad. 2013.  Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

 

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

 

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013.  Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Zunaidah, F. N.  & Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah  Bioteknologi

Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri,  2 (1).

(Online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368,  diunduh 6

Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI