ABSTRAK
ERA MIA FAZIRA : Pengaruh Model Course Review Horay terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Mendeskripsikan Pengaruh Cuaca bagi Kegiatan Manusia Siswa Kelas III Semester 2 SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa salah satu indikator rendahnya prestasi siswa sekolah dasar ini adalah kurangnya partisipasi aktif siswa dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan pengaruh model course review horay terhadap minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6 (2) mendeskripsikan pengaruh model direct intruction terhadap minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 2 (3) mendeskripsikan perbedaan pengaruh antara model course review horay dan model direct intruction terhadap minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6 (4) mendeskripsikan pengaruh model course review horay terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6 (5) mendeskripsikan pengaruh model direct intruction terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 2 (6) mendeskripsikan perbedaan pengaruh antara model course review horay dan model direct intruction terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6.
Hasil perhitungan sebagai berikut.(1) Terdapat minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia menggunakan model course review horay siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6 (2) Terdapat minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia menggunakan model direct intruction siswa kelas III SDN Sumberkepuh 2 (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model course review horay dan model direct intruction terhadap minat belajar mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia kelas III SDN Sumberkepuh 6. (4) Terdapat kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia menggunakan model course review horay siswa kelas III SDN Sumberkepuh 6 Kabupaten Nganjuk. (5) Terdapat kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia menggunakan model direct intruction siswa kelas III SDN Sumberkepuh 2. (6) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model course review horay dan model direct intruction terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia kelas III SDN Sumberkepuh 6.
Kata Kunci : Model Course Review Horay, Minat Belajar, Kemampuan, Mendeskripsikan Pengaruh Cuaca Bagi Kegiatan Manusia.
Kurniasih, Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.