Pengaruh model pembelajaran tebak kata didukung media gambar terhadap minat dan kemampuan menggolongkan mahkluk hidup siswa kelas 3 SDN Betet 1 Kediri Tahun ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

FRIENDA OCTA PRATICHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0150

Abstract

ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan bahwa pembelajaran menggolongkan makhluk hidup kurang menarik, model pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dan tidak ada media yang digunakan. Hal ini berakibat pada minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana belum maksimal . Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan model tebak kata didukung media gambar pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat dan kemampuan siswa dalam menggolongkan makhluk hidup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan model pembelajaran tebak kata didukung media gambar bepengaruh terhadap minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup siswa kelas III SDN Betet 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Apakah penggunaan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) berpengaruh terhadap minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup siswa kelas III SDN Betet 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran tebak kata didukung dengan media gambar dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) terhadap minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana siswa kelas 3 SDN Betet 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas III SDN Betet 1 Kota Kediri yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IIIA (kelas eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran tebak kata didukung media gambar dan kelas IIIB (kelas kontrol) dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes, dan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran tebak kata didukung media gambar berpengaruh terhadap minat dan kemampun menggolongkan makhluk hidup. (2) Penggunaan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) berpengaruh terhadap minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran tebak kata dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) terhadap minat dan kemampuan menggolongkan makhluk hidup.

KATA KUNCI: MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA, MEDIA GAMBAR, MINAT DAN KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Agustiana, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Akbar dan Sa’adun.2013.Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Aqib, Zainal. 2013.Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: CV Yrama Widya.
Aristo, Rahardi. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Bandung :PT Rineka Cipta
Azhar, Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Daryanto.2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas, 2006. Pengembangan pembelajaran IPA.
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta .
Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid2.Yogyakarta :PenerbitAndi
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Haryono, 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan :Teori dan Aplikasi PAIKEM agar Pembelajaran Lebih Bermakna. Yogyakata : Kepel Press
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenada Media
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena
Kosasih, R Angkowo. 2007, Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Made, I Tegeh, 2008. Media pembelajaran. Yogjakarta : Graha Ilmu
Rahayu, Siti Haditono. 1998. Psiologi Pekembangan. Yogyakarta : Gadjah Mada.
Rumini,Sri dkk. 1998. Psikologi Umum. Yoyakarta. FIP IKIP
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta ; Raja Grasindo Persada.
Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Sardiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sukardi, 2013. Metodologi penelitian pendidikan: kompensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Sumardi, Yosaptha, dkk. 2015. Konsep Dasar IPA di SD. Tangeang Selatan : Universitas Terbuka
Samatowa, Usman, 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat:PT. Permata Puri media.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta ; Kencana.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI