PENGARUH MODEL PAIR CHECK DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG PADA SISWA KELAS V SDN MRICAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AVIF NOVIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0149

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran IPS pada kelas V di SDN Mrican 2 dan SDN Mrican 4 Kediri masih menggunakan metode ceramah non interaktif. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selalu menekankan pada sistem hafalan materi pelajaran dan sumber belajar yang kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan nilai siswa menjadi kurang memuaskan.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan belanda dan jepang yang diajarkan dengan model direct instruction pada siswa kelas V? (2) bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang yang diajarkan dengan model pair check didukung media audio visual pada siswa kelas V? (3) adakah pengaruh penggunaan model pair check didukung media audio visual terhadap kemampuan medeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V?

Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mrican 2 Kediri sebagai kelas kontrol dan SDN Mrican 4 Kediri sebagai kelas eksperimen, dengan jumlah siswa masing-masing 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumennya berupa pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-paired sample dan uji t-independent sample.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) siswa kurang mampu medeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang yang diajarkan dengan model direct instruction dengan nilai rata-rata 77,31, dan t-hitung > t-tabel yaitu 21,900 > 2,060 dengan sig. (2-tailed) adalah 0,001. (2) siswa mampu mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang yang diajarkan dengan model pair check didukung media audio visual dengan nilai rata-rata 84,62, dan t-hitung > t-tabel yaitu 35,490 > 2,060 dengan sig. (2-tailed) adalah 0,000, (3) ada pengaruh model pair check didukung media audio visual dibandingkan dengan direct instruction terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan t-hitung > t-tabel yaitu 3,397 > 2,009 dan sig. (2-tailed) adalah 0,001.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan penggunaan model pair check didukung media audio visual adalah untuk mengembangkan ide atau gagasan siswa secara mandiri dengan cara mengecek berpasangan. (2) model pair check didukung media audio visual cocok digunakan untuk pembelajaran IPS.


Keyword

a

Reference

IV. DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual  (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr. 2012. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Depdiknas. 2006. Panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta : BP. Dharma Bhakti.

Gunawan, Rudy, Dr., M.Pd. 2013. Pendidikan IPS. Bandung : Alfabeta.

Hamdani, Dr., M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=157177&val=4065&title=PENERAPAN/MODEL/PEMBELAJARAN/PAIR/CHECKS/MENINGKATKAN/PEMAHAMAN/KONSEP/BILANGAN/ROMAWI. (diunduh tanggal 8 Juli 2017)

http://online-school-ips-6.blogspot.co.id/p/pengaruh-model-pair-check-terhadap.html (diunduh tanggal 8 Juli 2017)

http://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/ModelPembelajaranl.nurridho_10595.pdf (diunduh tanggal 8 Juli 2017)

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kurniasih, I., dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Bandung : Kata Pena.

Majid, abdul. 2014. Strategi pembelajaran. bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, M. 2012. Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Ngalimun, S.Pd., M.Pd. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva Press.

Rachmah, Huriah, M.Pd. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung : Alfabeta.

Riduwan, Dr., M.B.A. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rusman, Dr., M.Pd. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina, Prof., Dr., H., M.Pd. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sapriya, Dr., M.Ed., Dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Bandung : Upi Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar - Ruzz Media.

Sugiyono, Prof., DR. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supriatna, Nana, Drs., M.Ed., Dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung : Upi Press.

Susanto, Ahmad, Dr., M.Pd. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar -  Ruzz Media.

Trianto, M.Pd. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Wati, Ega Rima. 2014. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI