PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING DI DUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KETANON KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

AMRYTA MARDHATILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0147

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN I Ketanon Kabupaten Tulungagung khususnya pada mata pelajaran IPA materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, guru hanya menyampaikan pembelajaran dengan metode konvesional. Guru juga tidak memanfaatkan media sebagai pendukung dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan.

Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah : (1) apakah kemampuan mendeskripsikan  sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN I Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Solving Learning didukung media audio visual berhasil mencapai KKM ?, (2) apakah kemampuan mendeskripsikan  sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN I Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving Learning didukung media audio visual berhasil mencapai KKM ?, (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving Learning didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahya berhasil mencapai KKM?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest-posttest, pendekat ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis data yang digunakan adalah SPSS 16 windows menggunakan uji-t.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebgai berikut: (1) kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN I Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungangung sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Solving Learning didukung media audio visual belum berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti pada nilai rerata (mean) sebesar 63,89, yang berarti dibawah KKM 75, dan ketuntasan klaksikal mencapai 39,5% yang berarti di bawah 75%, (2) kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN I Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungangung setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving Learning didukung media audio visual berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti pada nilai rerata (mean) sebesar 80,57, yang berarti diatas KKM 75, dan ketuntasan klaksikal mencapai 87,4% yang berarti di atas 75%, (3) penggunaan model Problem Solving Learning didukung media audio visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN I Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungangung, hal ini terbukti bahwa hasil analisis diperoleh thitung 9.440  sedang harga kritik   t-tabel 1% yaitu 2,771, sehingga  thitung 9.440  > ttabel 2,771 yang berarti H0 ditolak dengan sangat signifikan.

     Kata kunci : Model Problem Solving Learning, Media Audio Visual, Mendesrisikan, Sifat-sifat Cahaya, kelas V, SDN I Ketanon

 


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

 

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pem-belajaran. Jakarta Selatan: Re-ferensi (GP Press Group).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pem-belajaran Inovatif Dalam Kuri-kulum. 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

 


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI