PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TIGA ANGKA SISWA KELAS III SDN SUMBERKEPUH VI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YELMI DWI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0146

Abstract

ABSTRAK

 

YELMI DWI AGUSTINA: Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Didukung Media Kartu Bilangan terhadap Kemampuan Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Angka pada Siswa Kelas III SDN Sumberkepuh VI Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, UN PGRI Kediri 2018.

     Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang ada di kelas III SDN Sumberkepuh VI Kabupaten Nganjuk. Dalam proses pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan meberikan inovasi penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai yaitu model pembelajaran Course Review Horay dan media kartu bilangan.

     Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay didukung media kartu bilangan pada siswa kelas III SDN Sumberkepuh VI tahun pelajaran 2017/2017? (2) Bagaimana kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III SDN Sumberkepuh II tahun pelajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay didukung media kartu bilangan terhadap kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka pada siswa kelas III SDN Sumberkepuh VI tahun pelajaran 2017/2018?

      Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2018 di SDN Sumberkepuh II dan SDN Sumberkepuh VI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay didukung media kartu bilangan pada siswa kelas III SDN Sumberkepuh VI tahun pelajaran 2017/2018 diperoleh hasil nilai rata-rata post-tes yang diperoleh sebesar 83,75 dan nilai rata-rata post-test telah mencapai KKM. (2) Kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas III SDN sumberkepuh II tahun pelajaran 2017/2018 diperoleh hasil nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 72,37, meskipun berpengaruh nilai post-test cenderung rendah masih dibawah KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay didukung media kartu bilangan dengan hasil uji-t menggunakan SPSS diperoleh signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05.

KATA KUNCI: Model Pembelajaran Course Review Horay, media kartu bilangan, melakukan

penjumlahann dan pengurangan tiga angka.


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar.2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

 

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI