PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SISWA KELAS IV SDN SUMBERKEPUH 2 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DESI PUJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0145

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi mata pelajaran IPA proses pembelajaran IPA di kelas IV kurang menarik siswa untuk belajar IPA. Proses pembelajaran sangat membosankan yakni guru hanya memberi materi setelah itu siswa mengerjakan soal dan karakter siswa di SDN Sumberkepuh 2 sangat mudah bosan terhadap materi pelajaran. Selain itu minat belajar dalam mengikuti pembelajaran IPA masih rendah.Permasalahan pada penelitian ini adalah (1). Apakah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6?, (2). Apakah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6?, (3). Apakah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournement (TGT) didukung media visual terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2?, (4). Apakah penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2?, (5). Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual dibandingkan dengan penggunaan model Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2?, (6). Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2?.

Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6. (2). Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6. (3). Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2. (4). Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarakan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2. (5). Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2. (6). Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) didukung media visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2.

Kata kunci  :Team Game Tournament (TGT), Media Visual, Minat Belajar Dan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

 

Eka Lestari, Karunia dan Yudhanegara.  2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

 

Jahja, Yudrik. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

 

Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi PAIKEM dan Behavioristik dan Konstrutiviktik. Jakarta: Prestasi Pustakania.

 

Kustandi, Cecep dan Bambang Sudjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

 

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Presindo.

 

Rusman, 2010. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

 

Sadirman, Arief. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

 

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Rand D. Bandung: Alpa beta

 

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI