Studi konparasi kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media kongkret dan media gambar siswa kelas 5 SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 kabupaten tulungagung tahun ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

SUNTOKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0143

Abstract

ABSTRAK

SUNTOKO: Studi Komparasi Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar dengan Media Konkret dan Media Gambar Siswa kelas V SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018.

         Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan pembelajaran matematika materi mendiskripsikan sifat-sifat bangun datar di kelas 5 SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 yang masih didominasi oleh peran guru. Guru kurang inovatif dalam memilih metode, model, dan media pembelajaran. Akibatnya hasil belajar rendah pada materi sifat-sifat bangun datar. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media konkret dan media gambar siswa kelas V SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 Kabupaten TulungagungTahun Ajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media konkret pada siswa kelas V SDN Gambiran Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media gambar pada siswa kelas V SDN Penjor 1 Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?, 3) Adakah perbedaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media kongkret dan media gambar pada siswa kelas V SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 ?

         Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Non Eksperimen Komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Gambiran dan SDN Penjor 1, dengan jumlah 21 siswa SDN Gambiran dan 21 siswa SDN Penjor 1.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan independent t-tes.t

          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) siswa kelas 5 SDN Gambiran mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media konkret, 2) siswa kelas 5 SDN Penjor 1 mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media gambar, 3) Ada perbedaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan media konkret dan media gambar siswa kelas V SDN Gambiran dan SDN Penjor 1 Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : Media konkret, media gambar, sifat-sifat bangun datar.

 


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

 

Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gunung Persada (GP) Prees Jakarta..

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

 

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Karya.

 

Karim, Muchtar Abdul. dkk. 2010. Pendidikan Matematika 2. Jakarta:Universitas Terbuka.

 

Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: GP Pres Group.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pusatkarya

 

Ibrahim, R dan dan Nana Syaodih S. 2013. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Pujita. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Pres Group

 

Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

 

Runtukahu, J. Tombokan dan Selpius Kandou. 2013. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Rusman. 2005. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

 

Sadiman, Arif S. dkk. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

 

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

 

Sudjana. 2007. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

 

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Yasin, Yusuf dan Umi Aulia. 2011. Sirkuit Pintar Melejit Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Ular Tangga. Jakarta Selatan: Visimedia.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI