PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENANGGAPI CERITA TENTANG PERISTIWA YANG TERJADI DI SEKITAR YANG DISAMPAIKAN SECARA LISAN PADA SISWA KELAS V SDI AL-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DAVID AGUS LEGSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0142

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa Bahasa Indonesia merupakan suatu mata pelajaran yang ada disekolah dasar. Pembelajaran bahasa Indonesia, terutama disekolah dasar tidak akan terlepas dari empat ketrampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, menulis.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri, (3) Untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri, (4) Untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri, (5) Untuk membuktikan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran time token dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri, (6) Untuk membuktikan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran time token dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan teknik penelitian Quasi Experimental dengan pendekatan kuantitatif. Cara mengambil data instrumen motivasi menggunkan angket dan untuk kemampuan menggunakan instrumen tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, (1) Ada pengaruh model time token terhadap kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Ada pengaruh model time token terhadap motivasi dan kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, (3) Ada pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, (4) Tidak ada pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap kemampuan belajar materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, (5) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran time token dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 dengan keunggulan pada pengaruh model pembelajaran time token, (6) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran time token dibanding model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap kemampuan belajar siswa kelas V di SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci :Model Time Token, Motivasi, Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.


Keyword

Model Time Token, Motivasi, Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan

Reference

Arends. 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivitis.

Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Bandung: CV. Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Aris,  Shoimin.  2013.  Model  Pembelajaran  Inovatif.  Yogyakarta :  AR-RUZZ Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda,   Miftakul.   2013.   Model   –   model   Pengajaran   dan   Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan

Kualitatif). Jakarta : GP Press.

Kardi, Soeparman dan Mohammad Nur. (2001). Pengajaran Langsung. Surabaya

: Universitas Negeri Surabaya Universiti Press.

Kurniasih,   Imas   dan   Berlin   Sani.   2015.   Ragam   Pengembangan   Model

Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurhayati, 2012 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5649.

diunduh 06 Juni 2018.

Roestiyah N.K.2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman.  2011.  Pembelajaran  Berbasis  Teknologi  Informasidan  Komunikasi.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo

Persada. Jakarta.

Sardiman, AM. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Grafindo

Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Afabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Afabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono.   2015.   Metode   Penelitian   Pendidikan   Pendekatan   Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media

Group. Jakarta.

Susanto,  Ahmad.  2013.  Teori  Belajar  dan  Pembelajaran  di  Sekolah  Dasar.

Jakarta : Kencana.

Susanto A.  2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:   Prenada media

Group.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Jakarta.

Tobing. dkk. 1990.  Model-Model Mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sekolah Dasar. Jakarta : Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Depdikbud.

Uno, B Hamzah. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003  Tentang  Sistem

Pendidikan Nasional Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jawa Timur. Biro Mental Spiritual Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Valentina, 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/835. diunduh 05 Juni 2018.

Yeti  Mulyati,  dkk.  2009.  Keterampilan  Berbahasa  Indonesia  SD.  Jakarta  : Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade