PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI BERDASARKAN GAMBAR SISWA KELAS III SDN TENGGER KIDUL 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

WACHIDATUL MUNASYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0138

Abstract

Abstrak

 

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa modul Bahasa Indonesia materi menulis puisi berdasarkan gambar pada siswa kelas III SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dalam mengembankan sebuah modul, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tengger Kidul 2 Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan. Modul telah memenuhi kriteria kevalidan materi dengan skor 92,9% dan kevalidan media dengan skor 83,7% dengan kriteria skor sangat valid. Kriteria kepraktisan ditinjau dari respon siswa memperoleh skor 93,2% dan ditinjau dari respon guru memperoleh skor 84,6% dengan kriteria sangat praktis. Hasil belajar siswa meningkat 13,6% dari rata-rata nilai hasil belajar awal 73,6 (≤ KKM) menjadi 87,2 (≥ KKM) , hal tersebut menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, maka dapat disimpulkan bahwa modul Bahasa Indonesia materi menulis puisi berdasarkan gambar sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: modul Bahasa Indonesia, menulis puisi.


Keyword

MODUL BAHASA INDONESIA, MENULIS PUISI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suati Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Aproach. London: Springer.

Prastowo, Andi. 2012. Pandan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Riduwan. 2010. Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade