PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V SDN BETET 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DIAN FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0136

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan pada hasil belajar Matmatika yang sangat rendah di bawah KKM. Hal ini diketahui karna guru masih menggunakan model Konvensional atau ceramah dan media yang digunakan kurang sesuai, sehingga menyebabkan siswa pasif dan berakibat pada kemampuan siswa.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media 3D terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V-A SDN Betet 1 kota Kediri ?. (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media gambarterhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V-B SDN Betet 1 kota Kediri ?. (3) Adakah perbdaan pngaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media 3D dibanding model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media gambar terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V SDN Betet 1 kota Kediri ?.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Betet 1 kota Kediri. Kelas V-A sebagai kelompok eksperimen dan kelasV-B sebagai kelompok kontrol dengan instrumen berupa seperangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian sebagai berikut (1) Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media 3D berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V-A SDN Betet 1 kota Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung = 10,002 > ttabel 5% = 2,064. (2) Penggunaanmodel pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengitung volume kubus dan balok siswa kelas V-B SDN Betet 1 kota Kediri. Hal ini terbukti dari nilai thitung = 8,341 > ttabel 5% = 2,064. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media 3D dibanding model pembeljaran Two Stay Two Stray didukung media gambar terhadap kemampuan menghitung volume kubus dan balok siswa klas V SDN Betet 1 kota Kediri dengan keunggulan pada penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media 3D. Diketahui nilai thitung = 2,778 > ttabel 5% = 2,021 dan berdasarkan perbandingan rata-rata posttest kelompok lenih baik yaitu 88,88 > dibanding nilai rata-rata posttest kelompok kontrol 81,84.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Media , Volume Kubus, Balok,


Keyword

Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, media, volume kubus, balok

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Ahdhiant, E. & Prismasatya, N. (2017) Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(1):226. Online. Tersedia di http://ejournal.unhasy.ac.id Diunduh 23 November 2018.
Angkowo, R & Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grasindo.
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Shoimin, A. 201. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum K13. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajarandi Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade