PENGARUH METODE EXPERIMEN DIDUKUNG DENGAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDIT AL ISTIQOMAH PACE NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WINDA WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0134

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, siswa menjadi pasif dan bosan untuk belajar. Hal tersebut tampak dari hasil pembelajaran siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDIT Al Istiqomah Pace Nganjuk. Penelitian dilakukan dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes soal isian singkat yang berjumlah 15 soal. Teknik analisis menggunakan statistika inferensial uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil penelitian dengan menggunakan metode eksperimen didukung dengan media benda nyata terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya dapat mengubah gerak suatu benda telah tuntas mencapai nilak KKM dengan prosentase ketercapaian sebesar 75,75%. (2) Penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya dapat mengubah gerak suatu benda belum tuntas mencapai nilai KKM dengan prosentase ketercapaian ketuntasan masih dibawah 75% yaitu 40,5%. (3) Ada pengaruh penggunaan metode eksperimen didukung dengan media benda nyata terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan gaya dapat mengubah gerak suatu benda dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan signifikansi < dari 0,05 dengan taraf 5%, dengan angka sig.(2-tailed) sebesar 0,000/0,000.

 

 

KATA KUNCI  : Eksperimen, Benda Nyata, Gaya.


Keyword

a

Reference

Agustina, Tri, A.G.I dan Tika,  Nyoman. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.

 

Angkowa, Rubertu dan Kosasih, A. 2017. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

 

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

 

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penilitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Bahri, Syaiful, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamiyah, Nur dan Jauhar, Muhamad. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Kepel Press.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sadiman, Arief. S. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, R.E. 2006. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1. 2003. Surabaya: Biro Mental Spritual Jawa Timur.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI