PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA PADA SISWA KELAS V SDN JATIGREGES 1 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ERIK BUDISANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0133

Abstract

ABSTRAK

          Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran  masih berpusat pada guru dan memposisikan siswa sebagai pendengar, pencatat, dan  penghafal materi yang disampaikan guru serta media yang digunakan belum tepat. Hal ini berakibat pada motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya masih belum maksimal. Berdasarkan dari keadaan itu penelitian ini mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Picture and Picture yang didukung media Audio Visual. Adapun rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?; 2) Apakah model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar berpengaruh terhadap  motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?; dan 3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?.

Jenis teknik penelitian yang digunakan adalah teknik true eksperimental design khususnya kontrol  group pretest postest design menggunakan desain Control group pre-testpost-test. Penelitian dilaksanakan pada 2 kelas yaitu kelas V SDN Jatigreges 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Joho 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan  teknik pengumpulan data dan instrumen berupa angket dan tes. Sedangkan teknik analisis menggunakan uji t.

Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan thitung  17.954 >  ttabel 2,831; 2) Penggunaan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar berpengaruh terhadap motivasi  dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan thitung  3,487  >  ttabel  2,080; dan 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya. Hal ini dibuktikan thitung  2,698 >  ttabel  2,018.

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran Picture and Picture, Media Audio Visual, Motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, I Gusti A.T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:  Rosda.

Angkowo, Robertus dan Kokasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

BSNP. 2011. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). Tersedia di  http;//bsnp-indonesia.org/id/?page  id-63/.  (7 September 2017).

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta. PT RINEKA CIPTA.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzi, Dewi Farida Amiru. 2016. Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Kediri: UN PGRI Kediri.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Malang:Pustaka Pelajar.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung:Pustaka Setia.

Pebriana, Gede Risa. 2017.  Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.   

Sanaki, Hujair AH.2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:  Kaukaba Dipantara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, dkk. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantiatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Suhandi, Andi, dkk. 2007. Konsep Dasar Bumi Antariksa Untuk  SD. Bandung: UPI PRESS.

Sumardi, Yosaptha, dkk. 2014. Konsep Dasar IPA di SD. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Supriati, Amalia. (dkk). 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Akasa.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI