ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan memposisikan siswa sebagai pendengar, pencatat, dan penghafal materi yang disampaikan guru serta media yang digunakan belum tepat. Hal ini berakibat pada motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya masih belum maksimal. Berdasarkan dari keadaan itu penelitian ini mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Picture and Picture yang didukung media Audio Visual. Adapun rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?; 2) Apakah model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?; dan 3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Jatigreges 1 tahun ajaran 2017/2018?.
Jenis teknik penelitian yang digunakan adalah teknik true eksperimental design khususnya kontrol group pretest postest design menggunakan desain Control group pre-testpost-test. Penelitian dilaksanakan pada 2 kelas yaitu kelas V SDN Jatigreges 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Joho 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan instrumen berupa angket dan tes. Sedangkan teknik analisis menggunakan uji t.
Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan thitung 17.954 > ttabel 2,831; 2) Penggunaan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan thitung 3,487 > ttabel 2,080; dan 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Picture and Picture didukung media Audio Visual dengan model pembelajaran explicit instruction (pengajaran langsung) didukung media gambar terhadap motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya. Hal ini dibuktikan thitung 2,698 > ttabel 2,018.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Picture and Picture, Media Audio Visual, Motivasi dan kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, I Gusti A.T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Angkowo, Robertus dan Kokasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
BSNP. 2011. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). Tersedia di http;//bsnp-indonesia.org/id/?page id-63/. (7 September 2017).
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta. PT RINEKA CIPTA.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fauzi, Dewi Farida Amiru. 2016. Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Kediri: UN PGRI Kediri.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Malang:Pustaka Pelajar.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung:Pustaka Setia.
Pebriana, Gede Risa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sanaki, Hujair AH.2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono, dkk. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantiatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Suhandi, Andi, dkk. 2007. Konsep Dasar Bumi Antariksa Untuk SD. Bandung: UPI PRESS.
Sumardi, Yosaptha, dkk. 2014. Konsep Dasar IPA di SD. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.
Supriati, Amalia. (dkk). 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Akasa.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.