ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara yang ada di kelas IV SDN Waung 2 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Pembelajaran IPA belum maksimal siswa yang kurang antusias dan pasif dalam mengikuti pembelajaran. proses pembelajaran sangat membosankan yakni guru pada saat menyampaikan materi masih menggunakan metode konvensional. Membuat siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan suka berbicara antar teman di saat pembelajaran berlangsung hasil belajar siswa rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Script didukung media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Waung 2 Tahun pelajaran 2017-2018? (2) Bagaimana keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script didukung media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Waung 2 Tahun pelajaran 2017-2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script didukung media audiovisual terhadap keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN waung 2 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017-2018 ?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 16.0 menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1)Keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar tanpa menggunakan model Cooperative Script di dukung media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Waung 2 masih rendah dibawah KKM (<75) dengan perolehan nilai kemampuan 72,60 dan keaktifan rata-rata 72,50. (2) Tingginya Keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar menggunakan model Cooperative Script di dukung media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Waung 2 di atas KKM (>75) dengan perolehan nilai rata-rata 82 dan keaktifan rata-rata 81,75. (3)Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Script didukung media audiovisual terhadap keaktifan dan kemampuan mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Waung 2 dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model Cooperative Script didukung media audiovisual dengan siswa yang menggunakan model model Cooperative Script didukung media audiovisual yaitu thitung -3,125 ttabel 0,05 dan keaktifan thitung -2,753 t tabel 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran cooperative script, media audiovisual, keaktifan dan kemampuan, mendiskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar.
Arsyad, Azhar. 2012. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Huda, Miftahul. 2013.Model – Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPDN, (ONLINE) 1 (2) :1-15 tersedia http://efektor.unpkediri.ac.id di unduh pada 17 Juli 2018
Sugiono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif Rand D: Bandung: Alpa beta