ABSTRAK
Tri Retno Indah Cahyani : Pengembangan Media Pembelajaran (ANIMASTRUKBUM) Animasi Struktur Bumi Pada Materi Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Ngetrep 3 Tahun Ajaran 2017/2018, skripsi, PGSD, UN PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara dari peneliti yang dilakukan pada guru siswa kelas V SDN Ngetrep 3. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui bahwa kurangnya pemahaman dan kesulitan dalam pembelajaran pada materi struktur bumi dikarenakan tidak adanya media yang mendukung untuk proses pembelajaran, oleh karena itu, dibutuhkan media yang mendukung untuk proses pembelajaran. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan media Animasi struktur bumi dengan rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran animastrukbum pada materi struktur bumi siswa kelas V SDN Ngetrep 3 (2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran animastrukbum pada materi struktur bumi pada materi struktur bumi siswa kelas V SDN Ngtrep 3 (3) Bagaimana tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran animastrukbum pada materi struktur bumi siswa kelas V SDN Ngtrep 3. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE . Model ini adalah model prosedural langkah-langkah atau tahapan-tahapan pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implematian (Implementasi), (5) Evaluatian (Evaluasi). Hasil penelitian pengembngan media animasi adalah sebagai berikut. (1) pengembangan media animasi struktur bumi menggunakan model pengembangan ADDIE yang menghasilkan alat bantu pembelajaran materi struktur bumi. (2) pengembangan media animasi struktur bumi memperoleh hasil 86,1% dari segi validitas media dan memperoleh hasil 88% dari segi materi yang berarti media animasi termasuk dalam kategori sangat baik. (3) media animasi mendapatkan respon baik dengan data hasil uji coba terbatas di SDN Ngetrep 3 dengan respon guru sebesar 90% dan respon siswa 98,5%.
KATA KUNCI : Pengembangan, media animasi, pelajaran IPA, materi struktur bumi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Arsyad, Azhar (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
BSNP. (2006). Permendiknas No.22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas
Danang. 2017. Bumi Dan Tata Surya. Solo:Azka Pressindo.
Harun, dan Zaidatun. Media Animasi. 2004. Jakarta: PT. Raja Grarindo Persada.
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Kepel press
Kustandi, Cecep, dkk. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung Remaja Rosdaya Karya
Pribadi. Benny A. 2009. Model Desaian Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta
Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Rima, Ega. 2016. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudjana, Nana dan Ahmad, Rifai. 2012. Media Pembelajran. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:
CV. ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Utami, D. 2011. Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. KTP FIP UNY. Vol. 7, No.1, 44-52.