PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) DIDUKUNG MEDIA 3D TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN SUMBERKEPUH 6 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ORINERI KIKA MARTAHERA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0128

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada mata pelajaran Matematika. Proses pembelajaran dikelas yang terkesan monoton dan tidak menarik. Selain itu, dalam mengajar guru tidak menggunakan media pembelajaran,sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dan minat belajar siswa.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai peneliti adalah sebagai berikut. 1. Mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan model SAVI didukung media 3D kelas IVSDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. 2. Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan model SAVI didukung media 3D kelas IVSDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. 3. Mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan model SAVI didukung media gambar kelas IVSDNSumberkepuh  2 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. 4. Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan model SAVI didukung media gambar kelas IV Sumberkepuh 2 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. 5. Membuktikan perbedaan pengaruh  model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D dibandingkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media gambar terhadap minat belajar siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. 6. Membuktikan perbedaan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D dibandingkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy)didukung media gambar terhadap kemampuan belajar siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk.

Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1).Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 75,1304 dan nilai rata-rata post-test telah mencapai KKM. (2). Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D berpengaruh terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 77,7391 dan nilai rata-rata post-test telah mencapai KKM. (3) Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media gambar berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Meskipun berpengaruh, nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 64,4783. (4). Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 2, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Meskipun berpengaruh, nilai rata-rata post-test yang diperoleh sebesar 68,1739. Hal ini berarti nilai kemampuan siswa dibawah rata-rata. (5). Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D dibandingkan dengan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media gambar terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, karena = 5,179 > 5% = 2,021 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk”. (6). Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D dibandingkan dengan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media gambar terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, karena = 4,636  > 5% = 2,021 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) didukung media 3D terhadap kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk”.

 

KATA KUNCI:        Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory Visualization, Intellectualy) didukung

media 3D terhadap minat belajar dan kemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruangsederhana.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

 

Arsyad, Azhar.2007.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo

 

Abdul Karim, Muchtar, dkk. 2011. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Daryanto, 2011.Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

 

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

 

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Jahja, Yudrik. 2011.PsikologiPerkembangan.Jakarta: Kencana.

 

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013.  Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Kurniasih, imas dan Berlin sani.2014. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

 

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara.2015.Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Revika Aditama.

 

Muarifin, Mochamad, dkk. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Presindo.

 

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

 

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

 

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R & D).Jakarta : CV ALFABETA.

 

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit:Alfabeta

 

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit:Alfabeta

 

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit:Alfabeta

 

Susanto, Ahmad.  2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

 

Sadiman S. Arief, dkk. 2006. Media Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Suharso.2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI