PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

PANDU DARISWANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0127

Abstract

ABSTRAK

 

Pandu Dariswanda: Penelitian ini hasil observasi pembelajaran matematika kelas V SD Negeri Mojoroto 1 materi sifat-sifat bangun ruang yang menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan media yang konvensional yaitu menggunakan gambar bangun ruang. Hasilnya, siswa tidak dapat memahami materi sifat-sifat bangun ruang dengan baik. Selain itu, ketertertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media berupa gambar. Dari hasil pengamatan tersebut dikembangkan multimedia interaktif, tujuan penelitian ini sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan penggunaan produk multimedia interaktif berdasarkan factor validitas pada materi sifat-sifat bangun ruang kelas V sekolah dasar (2) Mendeskripsikan penggunaan produk multimedia interaktif berdasarkan faktor kepraktisan pada materi sifat-sifat bangun ruang kelas V sekolah dasar (3) Mendeskripsikan penggunaan produk multimedia interaktif berdasaarkan factor efektifitas pada materi sifat-sifat bangun ruang kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah meliputi, (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD serta guru kelas V SD. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur utama dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran multimedia interaktif, (3) mengembangkan media multimedia interaktif, (4) mengimplementasikan media pembelajaran multimedia interaktif, dan (5) evaluasi akhir media pembelajaran multimedia interaktif.Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mecapai 4,7, kepraktisan produk mencapai 4,4 dan 4,55, serta keefektifan produk mencapai nilai 81,5. Dengan demikian produk multimedia interaktif ini dinyatakan valid, praktis serta efektif.

 

 

KATA KUNCI: pengembangan media, media pembelajaran, multimedia interaktif, kemampuan mendeskripsikan, struktur bumi.


Keyword

a

Reference

IV. DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Karso, 2014, Pendidikan Matemtaika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munir. 2015. MULTIEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muhsetya. Gatot. 2014. Pembelajaran Matemaika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pribadi, A Benny. 2009. Desain Model Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Sudjana, Nana. 2008. Media Pengajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI