Pengembangan Media SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) pada Materi Hubungan Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya


Author (Penulis)

AAN LINDA SADINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0124

Abstract

ABSTRAK

Hasil observasi di SDN I Kauman, pada materi pembelajaran hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya di kelas IV. Adanya perkembangan teknologi yang mendukung pemikiran kritis serta rasa ingin tahu peserta didik yang tinggi, mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Penggunaan media konkrit oleh guru, belum cukup untuk mendukung dan memenuhi rasa ingin tahu peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) pada materi hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV yang valid; (2) untuk menghasilkan media SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) pada materi hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV yang praktis: dan (3) untuk menghasilkan media SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) pada materi hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV yang efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu, (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, (E)valuation. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya 3 tahap prosedur pengembangan yakni tahap Analysis, Design, dan Development. Dalam pengumpulan data saat penelitian digunakan instrumen penelitian berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi, observasi guru, respon siswa, dan soal sebagai post-test.
Produk media SAD 3D yang dihasilkan memiliki spesifikasi jenis media tiga dimensi (cross section model), bentuk balok berukuran 50 x 12,5 x 30 cm, bahan dari kayu dan kertas stiker bontax, dan berat 1 kg. Media telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan rata-rata perolehan nilai 87,25%. Sesuai dengan tabel kevalidan 3.9, dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut berada pada rentangan kuantitatif 81-100 dengan kualifikasi skor kualitatif sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas di SDN 1 Kauman, diperoleh rata-rata nilai kepraktisan media SAD 3D adalah 89,65%. Sesuai dengan tabel kepraktisan 3.10, dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut berada pada rentangan kuantitatif 81-100 dengan kualifikasi skor kualitatif sangat praktis. Sedangkan untuk hasil keefektifan media SAD 3D adalah media efektif digunakan pada materi hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. Karena 100% nilai subjek penelitian mendapat nilai di atas 61%. 

Kata kunci: media SAD 3D, materi hubungan struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sadina, Aan Linda dan Nurmilawati, Mumun. 2017. SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) Solusi Media untuk Siswa Sekolah Dasar. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional V Hayati, Program Studi Pendidikan Biologi UN PGRI Kediri, Kediri, 04 November.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Soedijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Widodo, S. 1999. Efektifitas Model Pembelajaran melalui Model Daur Belajar (Learning Cycle) pada Konsep Anuitas di SMK. Tesis. PPS IKIP Surabaya.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI