ABSTRAK
Penelitian hasil pengamatan peneliti di SDN Ngtrep 3 kelas III Kabupaten Kediri. Di sekolah ini pembelajaran IPA hasilnya cenderung kurang memuaskan khususnya pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Pembelajarannya hanya menggunakan buku pegangan dan model konvensional. Hal ini terkesan membuat siswa menjadi bosan dan mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw didukung media audiovisual terhadap motivasi belajar dan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenisnya Quasi Eksperimental Design dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu RPP dan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw didukung media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 4,247> ttabel db 22 yaitu 2,074 serta sig 2 tailed 0,000 <0,005 (2) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 3,347> ttabel db 22 yaitu 2,074 serta sig 2 tailed 0,003 < 0,005. (3) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw didukung media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 5,094> ttabel db 22 yaitu 2,074 serta sig 2 tailed 0,000 < 0,005 . (4) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 3,394> ttabel db 22 yaitu 2,074 serta sig 2 tailed 0,003 > 0,005. (5) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe jigsaw didukung media audiovisual dibandingkan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual terhadap motivasi belajar pada siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 5,405 > ttabel 5% yaitu 2,015 dengan mean 86.09>68.48. (6) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe jigsaw didukung media audiovisual dibandingkan model kooperatif tipe jigsaw didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya siswa kelas III SDN Ngetrep 3 Kabupaten Kediri hal ini terbukti dari hasil thitung 5,909 > ttabel 5% yaitu 2,015 dengan mean 85.00>67.39
KATA KUNCI : model kooperatif tipe jigsaw, media adiovisual, motivasi belajar, kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
DAFTAR PUSTAKA
Huda, M. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kasih, Sri. 2012. “Peningkatan Motivasi Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Online), tersedia: http://eprints.ums.ac.id, diunduh 20 Mei 2017.
Katminingsih, Yuni, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Latar Kooperatif dan Kemampuan Berfikir Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Efektor “KAPITA SELEKTA Pembelajaran Matematika II”ISSN: 0854-1922, No. 9, Oktober 2006 Hal 57-66
Pengestuti, Emy. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Ketangi Purwodadi, Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), tersedia: eprints.uny.ac.id. diunduh 6 Mei 2017
Subyakto. 2009. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievements Division) Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Wilayah Ngawi Timur.” Surakarta: Universitas Sebelas Maret, (Online), tersedia: https://eprints.ac.id, diunduh 6 Mei 2017.
Sugiyono . 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA.
Widodo, Krisna Setyo. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Didukung Media Audio - Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Usur Cerita Pada Siswa Kelas V SDN Tegaron Kabupaten Nganjuk Tahun Aajaran 2015/2016.” Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, (Online), tersedia: simki.unpkediri.ac.id, diunduh 6 Mei 2017.