PENGEMBANGAN MODUL IPA UNTUK MATERI MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V


Author (Penulis)

SITI KARIMATUSSALAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0122

Abstract

ABSTRAK

Siti Karimatussalamah: Pengembangan Modul IPA Untuk Materi Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Hasil observasi awal di SDN Getas 2, yang menunjukan belum adanya pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran IPA materi mendeskripsikan struktur bumi. Sehingga bahan ajar yang digunakan bersifat turun temurun dan monoton, oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan bahan ajar berupa modul untuk materi struktur bumi.

                               Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul IPA materi mendeskrispsikan struktur bumi yang valid. (2) untuk menghasilkan modul IPA struktur bumi yang praktis. (3) untuk menghasilkan produk modul IPA yang efektif.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE yang bertujuan menghasilkan produk modul IPA struktur bumi. Penelitian dikembangkan berdasarkan 3 dari 5 tahapan pada model peneletian ADDIE, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment.

                               Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen penelitian yang meliputi lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar angket respon guru dan siswa, serta soal sebagai post-test . Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan jar modul yang dikembangkan. Lembar angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengetahui data tentang respon terhadap modul IPA struktur bumi. Soal post-test digunakan untuk mngetahui hasil nilai setelah menggunakan modul IPA struktur bumi.

                               Produk modul IPA dicetak dengan ukuran A4 yang terbuat dari kertas paper glossy. Setelah melakukan validasi pada ahli materi 89% dan ahli media 84%, hasilnya sudah memenuhui kriteria kevalidan  media. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas di SDN Getas II, diperoleh data hasil uji kepraktisan dengan skor kuantitatif dari guru 93% dan siswa 94% disimpulkan bahwa modul praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan modul pada siswa dengan menggunakan soal post-test memperoleh nilai terendah 67%,  modul dikatakan efektif jika 85% siswa mendapatkan skor nilai terendah 61%.

 

KATA KUNCI  : modul IPA, struktur bumi.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, I Gusti. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

 

Branch. Robert Maribe. 2009. Intructional Design: The ADDIE Aproach. New York: Springer.

 

Damayanti, Ida Dan Mintohari. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkat Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3). (Online) Tersedia: http://lib.unesa.ac.id/20773/1/3/310411016-s.pdf, diunduh 26 Juli 2017.

 

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

 

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Soedijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Sudjana, Nana Dan Ibrahim. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

 

Widodo, S., 1999. Efektivitas Model Pembelajaran Melalui Model Daur Belajar (Learning Cycle) Pada Konsep Anuitas di SMK. Tesis. PPS IKIP Surabaya.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI