Pengaruh Strategi College Ball Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Permukaan Bumi di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas III SDN Nglurup 1 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

ADIS YOSYIKA SAPUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0120

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu proses pembelajaran di kelas III SDN Nglurup 1 Kabupaten Tulungagung terhadap penggunaan strategi pembelajaran IPA tentang mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar, diperoleh hasil pengamatan bahwa guru mata pelajaran IPA belum menggunakan strategi yang tepat, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Kenyataan tersebut disebabkan karena guru bersifat mendominasi dan aktif memberikan materi sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Guru hanya memberikan penjelasan langsung dan tugas tanpa strategi pembelajaran yang tepat, sehingga hasil yang diharapkan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan mendekripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar dengan strategi pembelajaran College Ball (2) Untuk mengetahui kemampuan mendekripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar tanpa strategi pembelajaran College Ball (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi College Ball terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar (4) Untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan strategi pembelajaran College Ball. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental design dengan mengambil jenisnya nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Nglurup 1 tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar dengan strategi College Ball mencapai KKM dimana nilai rata-rata sebesar 82,09 dan dari ketuntasan belajar sebanyak 95,2%. (2) Kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar tanpa menggunakan strategi College Ball belum mencapai KKM dimana nilai rata-rata sebesar 68,81 dan dari ketuntasan belajar sebanyak 38,1%. (3) Ada pengaruh strategi College Ball terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar (4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan terbukti dengan hasil observasi yang dilakukan pada pertemuan pertama presentase aktivitas guru sebesar 60% dan pada pertemuan kedua presentase aktivitas guru sebesar 90%.

 

KATA KUNCI  :. Strategi College Ball, kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumiati dan Asra, M. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Nurhalimah, Imah. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Ciwaringin Cirebon Melalui Strategi Pembelajaran Aktif College Ball.

Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Solikhin. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Strategi College Ball pada Siswa Kelas V SD Negeri Kangkung, Kangkung Kendal Tahun 2012/2013.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI