Pengaruh Model Problem Solving didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menunjukkan Contoh-contoh Perilaku dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Sumberkepuh 6 Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

WENNY ROBIKHATUN CHOIRUN NIZAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0119

Abstract

Wenny Robikhatun Choirun Nizak :Pengaruh Model Problem Solving didukung media Audio visual terhadap kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V SDN Sumberkepuh 6, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2019.

Penelitian ini dilatar belakangi  hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKN di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar dengan sikap perilaku menjaga keutuhan NKRI. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan Model dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu Model Problem Solving didukung media Audio Visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)  mengetahui kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menggunakan model pembelajaran Problem Solving didukung media Audio Visual 2) mengetahui kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menggunakan model pembelajaran Problem Solving tanpa media Audio Visual 3) mengetahui pengaruh model  pembelajaran Problem Solving didukung media audio visual dan tanpa didukung media Audio Visual terhadap kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design, jenis Pretest-posttest Control Group Design. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji t-test satu sampel dan uji t-test dua kelompok.

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Model Problem Solving didukung media Audio Visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI, hal ini terbukti dengan nilai thitung (7,184) > ttabel (2,093). Dan nilai rerata sudah  diatas KKM 75 yaitu 88,20. (2) Penggunaan Model Problem Solving tanpa didukung media Audio Visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI dengan nilai thitung (5,107) > ttabel (2,093) namun demikian rerata kurang dari KKM 75 yaitu sebesar 71,90. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara Model Problem Solving didukung media Audio Visual dan tanpa media Audio Visual terhadap kemampuan  siswa dalam menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI terbuktidengan t-hitung 3,974 >t-tabel 2,011dan sign (2-tailed) 0,000< 0,05 yang berarti signifikan dan rata rata kelas eksperimen yaitu 88,20 lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol 71,90.

Kata Kunci : Model Problem Solving, Media Audio Visual ,  menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI


Keyword

Pengaruh model Problem Solving didukung media audio visual

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rekanita Cipta.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade