PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN TERHADAP LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RADHIKA RISKI FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0116

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti,bahwa pada materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan kelas V SD Negeri Kota Kediri guru kurang bisa mengembangkan media pembelajaran dengan baik. Hal ini menyebabkan perhatian siswa terhadap materi tersebut masih rendah dan hasil belajar masih belum maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif dengan Adobe Flash pada materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan SD Negeri Kota Kediri. (2) Mengetahui kualitas dari multimedia interaktif dengan Adobe Flash jika ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media terhadap materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, antara lain: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Tetapi dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap implementasi. Data validasi media diperoleh dari ahli media, data validasi materi diperoleh dari ahli materi sedangkan data praktisi bersal dari validasi gabungan 3 guru dan siswa kelas V SD Negeri Kota Kediri. Serta data keefektifan dilihat dari hasil pretest dan post-test dari hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kota Kediri yaitu SDN Lirboyo 2, SDN Mojoroto 3, dan SDN Lirboyo 4. Uji coba dilakukan dalam 2 tahapan, (1) uji coba skala kecil , dan (2) uji coba skala besar (uji lapangan). Hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan memperoleh kevalidan pada uji validasi ahli media dan materi sebesar 87,65 % (sangat valid), sedangkan uji kepraktisan diperoleh dari gabungan ahli praktisi dan amgket siswa kelas V sebesar 87,5% (dapat digunakan tanpa revisi), sedangkan hasil keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa kelas V gabungan 3 SD Negeri Kota Kediri pada uji coba luas menggunakan uji t independent sample test dengan hasil signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Selanjutnya ada pengaruh hasil belajar siswa. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Penyesuaian Diri Hewan Terhadap Lingkungan.

Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2015.    Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja  

Posdakarya.

Ariani, N & Haryanto, D.2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi.

Pribadi, A Benny. 2009. Desain Model Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai

Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran: PanduanPraktis Bagi

Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusataka Belajar.

Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang

Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-2012. ITS Surabaya: ITS Press.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI