ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS PADA WACANA NARASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SELFIA DWI PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0113

Abstract

ABSTRAK

 

Selfia Dwi Puspitasari : Analisis kemampuan literasi membaca peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018, Skripsi,PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2018.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan siswa tentang pembelajaran bahasa Indonesia yang dianggap mudah padahal dalam penerapannya pembelajaran bahasa Indonesia masih sulit untuk dipelajari khususnya pada aspek membaca.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan literasi membaca wacana narasi peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri? (2) Apa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pada wacana narasi peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  jenis studi kasus dengan langkah-langkah meliputi, (1) prapenelitian (2) penelitian, dan (3) pascapenelitian. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas V sekolah dasar dengan objek penelitian yaitu SDN Burengan 1, SDI Al-Huda dan SDN Lirboyo 4 dan  teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan literasi membaca peserta didik kelas V di Kota Kediri di bawah KKM (<75) dengan perolehan nilai rata-rata 70,73 dan perolehan prosentase ketuntasan sebesar 43,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi peserta didik kelas V di Kota Kediri tergolong rendah. (2) Prosentase minat membaca peserta didik kelas V di Kota Kediri di bawah standar 50% dengan perolehan prosentase rata-rata 44,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat membaca peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa minat membaca rendah akan berpengaruh pada rendahnya kemampuan membaca pula. Berdasarkan uraian tersebut maka faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri adalah minat dan pemahaman siswa.

 

Kata Kunci : kemampuan literasi, membaca, wacana narasi

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Hayon, Josep. 2007. Membaca dan Menulis Wacana. Jakarta: PT Grasindo.

Laila, Alfi, dkk. 2013. Relevansi Pengajaran Membaca dengan Kurikulum TK. Varia Pendidikan, 2 (25). (Online), tersedia: https://scholar.google.co.id/citations?user=xFDZY7UAAAAJ&hl=en#d=gs_md_cita-d&p=&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Den%26user%3DxFDZY7UAAAAJ%26citation_for_view%3DxFDZY7UAAAAJ%3AW7OEmFMy1HYC%26tzom%3D-420 diunduh 18 Juli 2018.

Musfiroh, T., Beniati, L. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar, 15 (1). (Online), tersedia: http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/9571, diunduh 20 Oktober 2017.

Naim, Ngainun. 2013. The Power Of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI