PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH,TEMA,LATAR,AMANAT) KELAS V SDN MELIS TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

INTAN PURNAMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0112

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran berupa media gambar. Media seperti itu belum optimal untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, karena cenderung monoton. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kevalidan media diorama pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) kelas V SDN Melis Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018; (2) Mendekripsikan kepraktisan media diorama pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) kelas V SDN Melis Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018; (3) Mendeskripsikan keefektifan media diorama pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) kelas V SDN Melis Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dari Benny terdiri dari 5 fase yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, (E)valuation. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Melis Trenggalek. Penelitian ini menggunakan instrument lembar validasi ahli desain media, validasi ahli materi Bahasa Indonesia, validasi perangkat pembelajaran, ang;ket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan soal post tes. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Hasil kevalidan media diorama didesain sesuai dengan kebutuhan siswa kelas V, yang divalidasikan kepada ahli media yang didesain dalam bentuk 3 dimensi disesuaikan dengan materi Bahasa Indonesia yaitu mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat); (2) Kepraktisan media dapat dilihat dari hasil angket respon guru mencapai 96% dengan kriteria baik dan angket respon siswa mencapai 83% dengankriteria baik; (3) Keefektifan media dapat dilihat dari hasil nilai pretes dan postes melalui uji T.

 

 

Kata kunci : Pengembangan, Media Diorama.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajara. Jakarta: Dian Rakyat.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interakti-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudjana dan Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R%D). Bandung : Penerbit CV Alfabeta.

Zuzela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI