PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP PADA SISWA KELAS V SDN BESUKI KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DEWI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0109

Abstract

         Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti di SDN Besuki Kabupaten Trenggalek, yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Hal tersebut dibuktikan nilai rata-rata siswa yang masih dibawah KKM(75).Hal itu disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran kurang menarik dan terkesan monoton.Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan model Time Token didukung media visual terhadap media terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Experimental Design dengan bentuk  “Nonequivalent Control Group Design”. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Besuki yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas V SDN 2 Besuki yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumen berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika inferensial menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulakn ;(1) siswa SDN Besuki Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2017/2018 mampu mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model time token  didukung media visual karena, nilai rata-rata 84,31 ≥ KKM 75, (2) Siswa SDN Besuki Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2017/2018 kuarang mampu mengidentfikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan model direct instruction  karena,niali rata-rata < KKM 75, (3) Ada pengaruh signifikan model time token didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahanan hidup pada siswa kelas V SDN Besuki Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2017/2018 dapat dibuktikan dari hasil aalisis data yang menunjukkan  thitung ≥ ttabel yaitu 8,77 ≥ 2,004.


Keyword

a

Reference

Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA: Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arends, 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis

 Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu PendekatanPraktik.     Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda,Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

IIS YUDIS TRISNAWATI, 2015. Pengaruh Model Time Tokken Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan  Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas VC SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang.(Online),Tersedia:http://www.google.co.id/url?q=http://Iib.unnes.ac.id/22550/&sa=U&ved=0ahUKEwjhlMGZnft7UAhUO42MKHdGCEoQFggNMAA&usg=AFQjCNGIM,diunduh 8 Desember 2017

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).      

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Shoiminn, Aris. 2014. 68 Model Pembelaaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.   Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiono.2010. Belajar dan Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.

Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajarandi Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Mediaa Group.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Undang-Undang No.19 Bab 1 Pasal 6 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. (Online), Tersedia: http//direktori.madrasah kemenag.go.id, diunduh 8 Desember 2017

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI