PERBEDAAN HASIL BELAJAR GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

KIRANA GILBILTASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0106

Abstract

ABSTRAK

 

 

 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran pada materi gaya dapat mengubah gerak suatu benda di SDN Butuh 2 dan SDN Kras 2 masih didominasi oleh guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang menarik dan terkesan monoton. Akibatnya siswa menjadi bosan dan rata-rata nilai ulangan harian masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV  SDN Butuh 2 tahun ajaran 2017/2018 ? (2) bagaimana hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Kras 2 tahun ajaran 2017/2018 ? (3) adakah perbedaan hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode demonstrasi dan eksperimen pada siswa kelas IV SDN Butuh 2 dan SDN Kras 2 tahun ajaran 2017/2018 ?.

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode demonstrasi dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Butuh 2 dan SDN Kras 2 dan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji one sample test dan uji  independent samples test.

     Hasil penelitian ini adalah 1) hasil belajar materi gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada siswa kelas IV SDN Butuh 2 melalui metode demonstrasi dengan rata-rata nilai posttest 76,28 dan t-hitung (2,563) ? t-tabel 5% (2,145) diperoleh sig (2 tailed) 0,000; 2) hasil belajar pada materi gaya dapat mengubah gerak suatu benda pada siswa kelas IV SDN Kras 2 melalui metode eksperimen dengan rata-rata nilai posttest 91,06 dan t-hitung (8,744) ? t-tabel 5% (2,131) diperoleh sig (2 tailed) 0,000; 3) ada perbedaan hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui  metode demonstrasi dengan eksperimen pada siswa kelas IV SDN Butuh 2 dan SDN Kras 2 dengan keunggulan pada penggunaan metode eksperimen dan t-hitung (4.297)  ? t-tabel 5% (2,045) diperoleh sig (2-tailed) 0,000.

     Jadi dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa kelas IV SDN Butuh 2 tahun ajaran 2017–2018 cukup baik pada materi gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode demonstrasi dengan nilai mencapai  standar KKM 70; 2) hasil belajar siswa kelas IV SDN Kras 2 tahun ajaran 2017–2018 sangat baik pada materi gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui metode eksperimen dengan nilai mencapai  standar KKM 70; 3) ada perbedaan hasil belajar gaya dapat mengubah gerak suatu benda melalui  metode demonstrasi dengan eksperimen pada siswa kelas IV SDN Butuh 2 dan SDN Kras 2 dengan keunggulan pada penggunaan metode eksperimen.

 

 

KATA KUNCI: gaya dapat mengubah gerak benda, metode demonstrasi, metode eksperimen.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agustiana, I. G. A. T. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Group.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI