PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NIJAMIA ANGGRAINI BASAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0100

Abstract

ABSTRAK

Hasil observasi awal bahwa keaktifan dan hasil belajar materi proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya karena di dalam pembelajaran guru menerapkan pembelajaran konvensional dan tidak menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan nilai rata-rata masih di bawah KKM. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share didukung media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model TPS didukung media gambar terhadap keaktifan siswa kelas V, (2) Mengetahui pengaruh model TPS tanpa media gambar terhadap keaktifan siswa kelas V, (3) Mengetahui pengaruh model TPS didukung media gambar terhadap hasil belajar materi proses daur dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya, (4) Mengetahui pengaruh model TPS tanpa media gambar materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya, (5) Mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran TPS didukung media gambar dibandingkan model TPS tanpa media gambar terhadap keaktifan siswa kelasV, (6) Mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar menggunakan  model TPS didukung media gambar dibandingkan model TPS tanpa media gambar materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design menggunakaan teknik analisis uji t pada SPSS 23 for Windows, instrument penelitian berupa tes dan lembar observasi keaktifan.

Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Siswa kelas V yang diajar menggunakan model TPS didukung media gambar aktif, hal ini terbukti dari hasil perolehan rata-rata presentase keaktifan sebesar 77,94 kategori aktif, (2) Siswa kelas V yang diajar menggunakan model TPS tanpa media gambar aktif, hal ini terbukti dengan hasil perolehan rata-rata nilai keaktifan sebesar 65,85 kategori aktif, (3) Ada pengaruh model TPS didukung media gambar terhadap hasil belajar, terbukti dari rata-rata nilai pretest 61,81 dan nilai postest 85,81, (4) Ada pengaruh model TPS tanpa media gambar terhadap hasil belajar, terbukti nilai rata-rata pretest 60,46 dan postest 78,20, (5) Ada perbedaan pengaruh model TPS didukung media gambar model TPS tanpa media gambar terhadap keaktifan, terbukti nilai rata-rata keaktifan kelas eksperimen 77,94 dan kelas kontrol 65,85, (6) Ada perbedaan pengaruh hasil belajar menggunakan model TPS didukung media gambar dibandingkan dengan model TPS tanpa media gambar, terbukti rata-rata selisih nilai postest-prestest kelas eksperimen 24,28 dan rata-rata selisih nilai postest-pretest kelas kontrol 17,74.

Kata kunci: Model TPS (Think Pair Share), media gambar, keaktifan, hasil belajar.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Yogyakarta: Kata Pena.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lestari, Retno Sri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Dampak Perubahan Lingkungan Fisik Pada Siswa Kelas IV SDN Gogorante Kabupaten Kediri TahunPelajaran2015/2016.https://simki.lp2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.10.0381. Diunduh pada 20 Mei 2017.

Permatasari, Sella. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think pair share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bangkok 01 Kabupaten Tegal. http://lib.unnes.ac,id/17438/1/1401409369. Diunduh pada 15 Mei 2017.

Santoso, Agus Muji, Elly Setyowati, Dwi Ari Budiretnani, Mumun Nurmilawati. Green Education In Bridge Card Game: Alternatif Metode Pembelajaran Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Pada Pokok Bahasan Saling Ketergantungan Antar Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. ISSN: 373-379 Vol. 9 No. (1) 22 April 2014. Diakses tanggal 17 Juli 2018 pukul 20.00 wib.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: AIFABETA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.

Winantara, Daniel I.W. Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V  SD 1 Mengwitani. ISSN: 2549-3272 Vol.3 No. (1) 31 Juli 2017. Diakses tanggal 10 Juli 2018 pukul 15.00 wib


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI