PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY  DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN DONO KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DYAH LINTANG PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0099

Abstract

ABSTRAK

 

Dyah Lintang Pertiwi : Pengaruh Model Course Review Horay Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah yang Berkaitan Dengan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan pembelajaran Matematika pada materi pecahan kelas III SD yang masih didominasi guru. Kurang inovatif dalam pemilihan metode, model dan media pembelajaran yang menyebabkan kurangnya ketertarikan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kemampuan siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana dengan menggunakan model Course Review Horay Didukung Media Tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Dono, 2) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah yang berkaiatan dengan pecahan sederhana menggunakan model Direct Instruction didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Dono, 3) Adakah pengaruh signifikan penggunaan model Course Review Horay Didukung Media Tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Dono.

Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Experimental Desain dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Dono Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, dengan jumlah siswa 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal uraian singkat. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Momen, uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-tes.

Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana dengan menggunakan model Course Review Horay didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Dono I mencapai nilai di atas KKM (>75) dengan mean sebesar 78,54, 2) Kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana menggunakan model Direct Instruction didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Dono II mencapai nilai di bawah KKM (<75) dengan mean sebesar 71,84, 3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Course Review Horay didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Dono kecamatan Sendang kecamatan Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 dengan analisis hipotesis dengan angka sig.(2-tailed) bernilai 0,037 artinya kurang dari 0,05, maka H0  ditolak.

Kata Kunci : Model Course Review Horay , Media Tiga Dimensi, Pecahan Sederhana


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media    

Dayat, T. d. 2009. Matematika untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Fajariyah, N., & Triratnawati, D. 2008. Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, N., Rivai A. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suharyanto & C. Jacob. 2009. Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Uno, H., & Mohamad, N. 2014. Belajar dengan Pendekatan Paikem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

https://media.neliti.com/media/publications/109553-ID-penerapan-model-pembelajaran-langsung-di.pdf

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index/php/JKTO/article/view/3553

http://digilib.unila.ac.id/22460/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade