ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin dalam menentukan jumlah suku kata dalam satu baris pantun dan menentukan diksi dalam pantun. Permasalahan tersebut terjadi karena penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang cenderung kurang bervariatif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung metode latihan (drill) dan media multimedia terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?(2) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung metode latihan (drill) dan media multimedia terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?(3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung metode latihan (drill) dan media multimedia dengan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung metode latihan (drill) dan media multimedia terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan True Eksperimental Design, sampel penelitian sebanyak 44 siswa kelas IVA dan IVB di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan instrumen rubrik penilaian hasil karya, sementara itu teknik analisis yang digunakan adalah paired sampel t-test dan independent sampel t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung metode latihan (drill) dan media multimedia terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin, (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung metode latihan (drill) dan media multimedia berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SD Islam Darush Sholihin, (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write didukung metode latihan (drill) dan media multimedia dengan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung metode latihan (drill) dan media multimedia terhadap kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas SD Islam Darush Sholihin.
KATA KUNCI : Model TTW, metode latihan (drill), media multimedia, menulis pantun
DAFTAR PUSTAKA
Angkowo,R dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Elmawa, Mohammad Faruq. Penggunaan multimedia untuk menin gkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) bagi siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru tahun ajaran 2014/2015.Skripsi. Yogyakarta : UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khilmiyah, Mantik. 2016. Upaya peningkatan hasil belajar menghafal juz 30 melalui metode drill pada siswa kelas vi sd islam sultan agung 3 semarang tahun pelajaran 2015-2016.Semarang : . UIN WALIONGO
Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Jakarta: Kata Pena
Majid, Abdul.2013.Strategi Pembelajaran .Bandung:PT. Rosdakarya Offset.
Munir.2012.Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan.Bandung:Alfabeta.
Musfiqon. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Putri, Ade.2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Media Objek Langsung Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 2 Battal Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi.Jember:FKIP UNIVERSITAS NEGERI JEMBER.
Putro, Eko Widoyoko. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
Waridah,Ernawati.2014.KumpulanMajas, Pantun, dan Peribahasa Plus Kesusastraan Indonesia .Bandung: Ruang Kata Imprint KawanPustaka.
Widiyastuti, Indri. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD.Skripsi. Semarang : UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Yunus, Suparno Mohamad.2011.Keterampilan Dasar Menulis.Jakarta: Universitas Terbuka.