HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGENALI MACAM-MACAM ALAT MUSIK DENGAN KEMAMPUAN MENJELASKAN PERUBAHAN ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN PUTREN 2 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

JUJUK KUSTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0096

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini diperoleh dari observasi yang sudah dilakukan yang menunjukkan bahwa, fasilitas yang ada disekolah untuk menunjang pembelajaran tentang perubahan energi bunyi menggunakan alat musik kuranglah memadai. Karena hanya ada beberapa alat musik yang disediakan pihak sekolah dan bersifat tradisional sedangkan untuk alat musik moderen tidak ada. Seharusnya peningkatan fasilitas ditingkatkan untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif lagi.

Tujuan penelitian ini yaitu 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan mengenali macam-macam alat musik, 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi, 3. Untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan mengenali macam-macam alat musik dengan kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Putren tahun ajaran 2017/2018.

Dalam penelitian ini digunakan teknik penelitian one sample t test dan korelasi product-moment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Putren 2 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrumen soal evaluasi dari ahli mata pelajaran IPA.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Berdasarkan hasil one sample t test data diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,00<0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti kemampuan mengenali macam-macam alat musik mencapai KKM. 2. Berdasarkan analisis one sample t test, diperoleh nilai signifikansi tailed sebesar 0,00<0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi mencapai KKM. 3. Berdasarkan hasil korelasi Product Momen, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,874 > 0,361 rtabel maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kemampuan mengenali macam-macam alat musik dengan kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Putren Nganjuk tahun ajaran 2017/2018.  Dilihat dari besarnya koefisien korelasi yaitu 0,874 menunjukkan bahwa besarnya hubungan yang sangat signifikan antara kemampuan mengenali macam-macam alat musik dengan kemampuan menjelaskan perubahan energi bunyi masuk pada kategoi kuat dengan arah positif.

 

KATA KUNCI  : mengenali alat musik, perubahan energi bunyi.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Taufik, A, Hera, L.M, Puji L.p. 2015. Pendidikan Anak Di SD. Banten: Universitas Terbuka.

 


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI