PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN GAMBAR DENGAN PILIHAN KATA YANG MENARIK PADA SISWA KELAS III SDN NGADI KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

LILIK CHUSNUL CHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0094

Abstract

ABSTRAK

 

Lilik Chusnul Chotimah : Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Gambar Dengan Pilihan Kata Yang Menarik Pada Siswa Kelas III Semester 2 SDN Ngadi Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, SKRIPSI, PGSD, UN PGRI Kediri, 2014.

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi di tempat penelitian yaitu di SDN Ngadi, sebagian besar siswa masih sulit dalam memahami konep pada materi menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dari 50% siswa memperoleh nilai di bawah KKM yang telah ditentukan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan belum  memaksimalkan media pembelajaran.

            Penelitian ini dilakukan umtuk mengetahui kemampuan siswa dalam  menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dengan menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) didukung media visual. Dengan menerapkan model pembelajaran beserta media tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Salah  satu manfaa yang diharapkan yaitu terjaganya minat belajar siswa karena kegiatan pembelajaran lebih inovatif.

            Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu berupa tes berbentuk uraian, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.

            Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dengan menggunakan model visualiation auditory kinestetic (vak) didukung media visual rata-rata nilai klasukal sebesar 84,42 sehingga siswa yang tuntas mencapai KKM >75%. (2) Kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik dengan menggunakan model pembelajaran langsung didukung media visual rata-rata nilai klasikal sebesar 77,18 sehingga yang tuntas mencapai KKM >75%. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran visualization auditory kinestetic (vak) didukung media visual terhadap kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan data yang menarik pada siswa kelas III semester 2 SDN Ngadi Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil analisis uji-t yaitu sig.2 tailed sebesar 0,007 dan thitung sebesar 2,896 dengan kriteria pengambilan keputusan jika probabilitas < 0,05 dan thitung > ttabel, maka Ha diterima. Hasil analisis tersebut memenuhi kriteria yang ditentukan, sehingga hipotesis alternatif yang telah dirumuskan dapat diterima.

 

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK), Media Visual, Kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Angkowo, dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiqon. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI