PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN TERTEK III KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NUR AISYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0093

Abstract

ABSTRAK

                                                                                   

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa siswa kelas V sekolah dasar pada umumnya mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru ataupun buku, guru mendominasi pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi pasif serta proses kegiatan pembelajaran menjadi membosankan.

Permasalahn penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah kemampuan meyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar dengan metode problem solving didukung media visual pada siswa kelas V SDN Tetek III Kediri Tahun Ajaran 2017/2018?. (2). Bagaimanakah kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Tertek III tahun Ajaran 2017/2018?. (3). Adakah pengaruh metode problem solving didukung media visual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar pada siswa kelas V SDN Tertek III Tahun Ajaran 2017/2018?.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denga Quasy Eksperiment dan mengambil jenisnya Noneqievalent Control Group Design, subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Tertek III Kediri.

Dapat disimpulkan bahwa (1). Hasil belajar matematika menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar menggunakan metode problem solving didukung media visual pada siswa kelas V SDN Tertek III sebanyak 90% siswa mendapatkan nilai ≥ 75, dan 10 % siswa mendapatkan nilai < 75, dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,50, (2). Hasil belajar matematika menyelesaikan masalah yang bekaitan dengan luas bangun datar dengan menggunakan metode ceramah didukung media visual pada siswa kelas V SDN Tertek III belum mencapai KKM 75, terbukti hanya 10% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75, selebihnya 90% masih di bawah KKM < 75, dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 54,14, (3). Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving didukung media visual, dengan hasil perhitunga thitung (7,528) > ttabel 5% (1,685) dengan df 39. Maka dapat ditemukan hasil pengujian hipotesis, bahwa hipotesis nol (Ha) ditolak pada taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis alternative (Ha) yang diajukan terbukti benar.

 

 

KATA KUNCI  : Metode problem solving, media visual, luas bangun datar.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aqiq, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: PT Sarana Nurani Sejahtera.

Arikunto, Suharsimin. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djmarah, B. Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Negoro, ST dan B. Harahap. 2015. Esklopedia Maematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sityowati, Erni. 2014. Pengaruh Metode Problem Solving dengan Media Visual Terhadap Kemampuan menentukan Hasil Belajar Luas dan Keliling Persegi Panjang pada Siswa Kelas IV SD Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Kediri: UN PGRI KEDIRI.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, Ega Rima. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Yuniarto, Yoni. 2007. Ensklopedia Matematika. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Yuwanita, Erin. 2018. Pengaruh Metode Problem Solving Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Bukat pada Siswa Kelas IV SDN Tanggung II dan III Tahun Pelajaran 2017/2018.     


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI