PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN BESUKI KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

UMI MUAMANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0088

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariataif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran .

            Kesimpulan hasil penelitian (1) model STAD  didukung media nyata terhadap motivasi belajar materi mengidentikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan hal terbukti th 21,235>tt 1%2831(2)model STAD didukung media nyata terhadap mebgidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan terbukti th=9,181>tt1%2831(3)model Direct intruction didukung media nyata terhadap motivasi belajar materi mengidentifikasi penyesuain diri tumbuhan terbukti th=11,693>tt>1%2831(4)model Direct Intruction didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuain diri tumbuhan hal terbukti th=1,420>tt1%=2,831(5)perbedaan model STAD didukung media nyata dibanding model Direct Intruction didukung media nyata terhadap motivasi belajar siswa terbukti th=3,112>tt5%2418(6)perbedaan model STAD didukung media nyata dibanding model Direct Intruction didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuain diri dengan lingkungan th 7,364>tt5% 2,018.

 

Kata kunci: model STAD, kemampuan mengidentifikasi penyesuaain diri tumbuhan dengan lingkungan.


Keyword

a

Reference

Aisyah siti.2014. Dimensi  Pendidikan dan pembelajaran Unuversitas Muhammadiyah Ponorogo

Ngaliman.2015 Strategi Model Pembelajaran, yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Khodijah nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Raja Grafida persada

I Gusti Ayu Tri.2014. Konsep Dasar Ipa Aspek Biologi. Yogyakarta. Ombak  


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI