ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariataif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran .
Kesimpulan hasil penelitian (1) model STAD didukung media nyata terhadap motivasi belajar materi mengidentikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan hal terbukti th 21,235>tt 1%2831(2)model STAD didukung media nyata terhadap mebgidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan terbukti th=9,181>tt1%2831(3)model Direct intruction didukung media nyata terhadap motivasi belajar materi mengidentifikasi penyesuain diri tumbuhan terbukti th=11,693>tt>1%2831(4)model Direct Intruction didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuain diri tumbuhan hal terbukti th=1,420>tt1%=2,831(5)perbedaan model STAD didukung media nyata dibanding model Direct Intruction didukung media nyata terhadap motivasi belajar siswa terbukti th=3,112>tt5%2418(6)perbedaan model STAD didukung media nyata dibanding model Direct Intruction didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuain diri dengan lingkungan th 7,364>tt5% 2,018.
Kata kunci: model STAD, kemampuan mengidentifikasi penyesuaain diri tumbuhan dengan lingkungan.
Aisyah siti.2014. Dimensi Pendidikan dan pembelajaran Unuversitas Muhammadiyah Ponorogo
Ngaliman.2015 Strategi Model Pembelajaran, yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Khodijah nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Raja Grafida persada
I Gusti Ayu Tri.2014. Konsep Dasar Ipa Aspek Biologi. Yogyakarta. Ombak