STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IV SDN PENATARAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DINNA NUR AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0086

Abstract

ABSTRAK

 

Permasalahan pembelajaran IPA di tingkat SD masih dilakukan secara klasikal (berpusat pada guru) dan belum menerapkan model pembelajaran yang variatif. Akibatnya minat dan konsentrasi siswa rendah sehingga kurang mampu memahami dan mendeskripsikan materi IPA yaitu daur hidup hewan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, di antaranya model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN Penataran 01 dan SDN Penataran 03 Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas IV SDN Penataran 01 dan SDN Penataran 03 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest yang diperoleh adalah 53,83 dan nilai posttest adalah 87,16. Pada kelas eksperimen II menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh adalah 46,16 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,33. Hasil analisis data uji t independent samples t-test adalah Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dengan df 58 sehingga Ha diterima, HO ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Penataran 01. (2) model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Penataran 03. (3) ada perbedaan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar antara model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Cooperative Script.

 

KATA KUNCI : model pembelajaran, Group Investigation, Cooperative Script, kemampuan mendeskripsikan.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Mediam dan Strategi Pembelajaran Konstektual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

 

Handika, Wahyu. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Tokoh Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Pada Siswa Kelas V SDN Macanan Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Nusantara PGRI Kediri. (Jurnal, di unduh tanggal 10 Mei 2018).

 

Hartoto, Tri. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri I Puggur Tahun Pelajaran 2015/2016. (Jurnal Historia Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016, ISSN 2337-4713, di unduh tanggal 10 Mei 2018).

 

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

 

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

 

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Setyawati, Mutiara Agustina. 2010. Studi Komparasi Antara Model Group Investigation Dengan Model Think-Pair-Share Pokok Bahasan Organisasi Penggerakan Nasional Indonesia Dilihat Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Semarang. (Jurnal, di unduh tanggal 10 Mei 2018).

 

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI