PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP SISWA KELAS V SDN SUGIHWARAS 2 DAN SDN SUGIHWARAS 6 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

HERA INDRAYANA LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0081

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tenrtentu untuk mempertahankan hidup masih dominan dengan pembelajaran ceramah saja. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model Group Investigation didukung media Pop up book? (2)  Kemampuan mengidentifikas penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajara langsung ? (3) Adakah pengaruh model Group Investigation didukung media Pop up book terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Eksperimen dengan mengambil jenisnya Nonequivalent Control Group Desaign. Analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 23 menggunakan uji-t taraf signifikan 5%. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model Group Investigation didukung media Pop up book pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018, telah tuntas mencapai nilai di atas KKM. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh lebih dari KKM ≥ 75 yaitu 90,63. (2) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 6 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018, belum tuntas mencapai nilai KKM. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh kurang dari KKM ≥ 75 yaitu 57,05. (3) Ada pengaruh model Group Investigation didukung media Pop up book terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 dan SDN Sugihwaras 6 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 90,63 > 57,05

 

Kata Kunci: Model Group Investigation, media Pop up Book, Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015.  Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk meningkatkan profesionalisme guru. Jakarta: Kata Pena.

Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (Online).Vol 1.No.2. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213/138.Diakses  21 Januari 2018.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekaran kuantitataif, kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI