Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Bunga dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Gurah II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

FRISCA YANUARI WIDYANING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0077

Abstract

Abstrak

 

FRISCA YANUARI WIDYANING TYAS, Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Bunga dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Gurah II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, yang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA. Hal ini membuat siswa menjadi jenuh dan cenderung pasif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal.

Permasalahan penelitian ini meliputi: (1) Apakah sebelum diterapkannya model pembelajaran CTL didukung media realia kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya berhasil mencapai KKM? (2) Apakah sesudah diterapkannya model pembelajaran CTL didukung media realia kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya berhasil mencapai KKM? (3) Adakah pengaruh penggunaan  model pembelajaran CTL didukung media realia terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya?

Hasil penelitian ini: (1) Kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya sebelum penggunaan model CTL didukung media realia berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal <75%, terdapat 87% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, dengan nilai rata-rata adalah 61. (2) Kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya sesudah penggunaan model CTL didukung media realia berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal >75%, hanya terdapat 11% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, dengan nilai rata-rata siswa adalah 84. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai thitung sebesar (9,558) > t-tabel 5% (2,037) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model CTL didukung media realia terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Gurah II Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Realia, Menjelaskan Hubungan antara Bunga dengan Fungsinya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

AhmadSusanto. 2013Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:  Kencana Prenada Media Group.

Asra, Darmawan dan Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti: Jakarta. 

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progesif Konsep, Landasan. dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI