ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SDN BOGEM TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RENI RETNO SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0076

Abstract

ABSTRAK

 

Reni Retno Sari: Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Bogem, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan, ketika guru menyampaikan materi pembelajaran siswa belum maksimal dalam memahami materi meskipun sudah disampaikan secara berulang-ulang. Hanya beberapa siswa yang mampu memahami apa yang telah disampaikan oleh guru. Dengan demikian, banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menulis karangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan ejaan (kesalahan huruf kapital dan tanda baca titik), pilihan kata, kalimat, dan penyusunan paragraf yang ditulis oleh siswa pada karanga sederhana berdasarkan gambar siswa kelas III SDN Bogem tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena pendekatan kualitatif menggunakan paradigma metodologis induktif yaitu dari yang khusus ke yang umum. Konseptualisasi, katagorisasi, dan deskripsi dikembangkan atas dasar kejadian yang terjadi di lapangan. Teknik yang digunakan yaitu teknik pengkodean masing-masing kealahan. Kesimpulan hasil penelitian adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dengan jumlah terbesar yaitu kesalahan ejaan (penggunaan huruf kapital berada ditengah-tengah kata dengan jumlah persentase 55,70%; dan penghilangan tanda baca titik di akhir kalimat 96,66%); kesalahan penggunaan pilihan kata yang bervariasi seperti kata “mau”, “terus”, “pakai”, dan lain-lain 60,73%; kesalahan kalimat terdapat pada kehematan kata dalam kalimat 0,46%; dan kesalahan penyusunan paragraf pada baris pertama yang tidak menjorok ke dalam sebanyak 5 ketukan dari margin kiri dengan jumlah persentase 56,75%.

 

KATA KUNCI: kesalahan berbahasa, karangan sederhana, gambar seri.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Gipayana, M. 2010. Pengajaran Literasi Fokus Menulis di SD-MI. Malang: A3 (Asih Asah Asuh).

Kusumaningsih, D., Sri, W.S., Suparmin, Titik, S., Bambang, T. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muchtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Puspitasari, Y. Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V. Skripsi. Dipublikasikan. Jakarta: UIN Syrif Hidayatullah.

Rachmawati, F. 2009. Ragam Kalimat Nonsastra. Yogyakarta: PT Citra Aji Pramana.

Rahmadi, D. 2017. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Solo: Genta Smart Publisher.

Tarigan, H.G dan Djago, T. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bndung: Percetakan Angkasa.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI