PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART UNTUK MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN BANYUANYAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YUNITA PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0075

Abstract

ABSTRAK

 

Yunita Puji Lestari: Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Untuk Materi Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Banyuanyar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam pembelajaran guru masih menggunakan media yang kurang bervariatif. Guru hanya menggunakan media potongan gambar berukuran A4. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui validitas media pembelajaran flipchart, 2) mengetahui kemampuan siswa mendeskripsikan struktur bumi dengan menggunakan media pembelajaran flipchart, 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran flipchart.

 

Penelitian ini menggunakan pendekan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas V SDN Banyuanyar Kabupaten Kediri. Penelitian ini  menggunakan instrumen lembar validasi ahli media dan validasi ahli materi.

 

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) validitas media dapat dilihat dari hasil validasi media pembelajaran dan materi pembelajaran. Hasil Validasi media pembelajaran memperoleh nilai sebesar  95% sedangkan hasil nilai validasi ahli materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dilihat dari setiap aspeknya yang pertama Silabus 96%, RPP 88%, Bahan Ajar (Handout) 96%, Lembar Kerja Siswa (LKS) 96%, Soal Pre Test dan Post Test dinyatakan ada kesesuaian antara indikator hasil belajar dengan butir soal. Dari presentase setiap aspek ahli materi dapat dilihat bahwa materi tersebut memiliki kriteria sangat valid dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (2) kemampuan siswa mendeskripsikan struktur bumi dengan  menggunakan media Flipchart meningkat. Hasil Pre Test siswa diperoleh nilai rata-rata 65 sedangkan hasil Post Test siswa diperoleh nilai rata-rata 82. Dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dapat diketahui bahwa adanya peningkatan. (3) keefektifan media dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal. Ketuntasan belajar klasikal telah mencapai 100% yang berarti sudah melebihi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 80%, maka media tersebut dikatakan efektif.

 

Kata Kunci: Flipchart, Struktur Bumi


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat   Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ernawati, Dwi Septiwiharti & Anthonius Palimbong. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa, 1 (1). (Online), tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2518., diunduh 21 April 2018.

Maribe, Robert Branch. 2009. The ADDIE Aprroach. Anthens: Springer Science.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Dian Rakyat.

Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI