PENGARUH MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NAILUL EPIT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0074

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang menjadi rendah dan siswa kurang aktif. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah adalah dengan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Number Heads Together. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah model Number Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Apakah model Direct Instruction berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN Sugihwaras 6 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dibanding model Direct Instruction terhadap  kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan Non Randomized Pretest-Posstest Control Group Design. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Number Heads Together (NHT) berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan ketuntasan klasikal 93,76% hal ini terbukti dengan th11,860 > tt 1% = 2,771. (2) Penggunaan model Direct Instruction berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN Sugihwaras  6 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan ketuntasan klasikal 43,3% hal ini terbukti dengan th 3,743 > tt 1% = 2,831. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dibanding model Direct Instruction terhadap  kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan model Number Heads Together, hal ini terbukti dengan th7,624 > tt 1% = 2,698 dan hasil perbandingan rerata Post Test KE 87,7143 > rerata Post Test KK 73.2727.

 

KATA KUNCI : Number Heads Together, mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.


Keyword

a

Reference

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI